Hari Kanker Sedunia

cancer

4 Februari

Hari ini 4 Februari merupakan World Cancer Day, Hari Kenker Sedunia. Mengapa sampai ditetapkan hari seperti  itu, karena pada satu dekade terakhir ini, angka kesakitan kanker melonjak pesat seakan tidak terkendali. Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka kesakitan kanker yang tinggi.

Kita semua harus bertekad bersama untuk berusaha menurunkan angka kesakitan kanker di Indonesia, paling tidak kita mulai dari diri sendiri. Upaya awal yang sebaiknya kita kakulan adalah melaksanakan Pola Hidup Sehat, yang antara lain mengatur hal yang rutin kita lakukan sehari hari.

Kita memulai dengan pola makan sehat, memilih makanan yang kita konsumsi. Sebisa mungkin kita memilih bahan yang benar benar natural dan menghindari bahan makanan yang bersifat fast food. Apalagi makanan yang tercampur bahan bukan makanan, misal yang mengandung Rodamin B. Lebih lagi yang jelas sebagai bahan karsinogenik.

Mari kita mulai makan buah segar, bukan buah kemasan kaleng. Sayur segar, ikan segar dan lain yang kita tahu persis asal usulnya. Memang agak merepotkan, tetapi kita harus tetap berusaha. Semoga kita selalu sehat.