Balon interNet

Balon Internet Google Siap Uji di Indonesia

Tida hentinya pengmbangan dan inovasi di bidang dunia maya, termasuk proyek menyebarkan akses Internet Google dengan balon udara siap memasuki fase pengujian dengan operator seluler di Indonesia dan di tempat lain pada tahun 2016 ini. Walaupun sebenarnya hal seperti  ini bukan langkah yang mudah, karena butuh waktu lama untuk bisa mendesain balon yang diproduksi dengan menekan anggaran yang serendahnya tetapi bisa bertahan lama di stratosfer.

Para ahli telah berusaha untuk merencanakan dan memamerkan beberapa desain balon udara kepada pengunjung salah satu even ekshibisien. Ada balon yang didesain bulat dan balon yang terlihat seperti bantal raksasa.
Google telah menemukan desain balon yang dibuat dengan biaya murah, dan bisa dinavigasi dengan aktual. Dan balon tersebut telah menempuh perjalan sebanyak 19 kali selama 187 hari tahun 2015 lalu. Balon tersebut bisa memberikan akses Internet dengan kecepatan 15 Mbps yang dirasa cukup untuk melakukan streaming video.

Di Indonesia, proyek balon udara Google yang bernam Project Loon ini telah bekerjasama dengan operator seluler Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, memanfaatkan spektrum 900 MHz.
Selain Indonesia, proyek ini juga akan digelar di Sri Lanka. “Itu akan mengubah dunia dengan cara yang sebelumnya tidak terbayangkan,” kata ahlinya. Tentu saja kita akan semakin nyaman dengan hadirnya inovasi ini saat on line. Semoga kita selalu sehat.