Cuaca Penting Diketahui

Cuaca Membuat Kita Lebih Cerdas

Cuaca sering difahami hanya mengetahui antara panas atau hujan. Walau sudah banyak pula yang memahami hubungan cuaca dengan kesehatan. Namun sebagian besar dari kita belum terlalu memperhitungkan nilai ekonomis dari cuaca, nalai kemanusiaan dan yang lebih besar lagi nilai manfaatnya.

Cuaca merupakan keadaan udara pada suatu tempat di waktu tertentu, dan selalu berubah. Oleh sebab itu, sering terjadi suatu tempat udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang. Maka cuaca harus diamati dan diikuti perkembangan terus menerus.

Cuaca terjadi karena suhu dan kelembaban yang berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain. Perbedaan ini terjadi karena sudut pemanasan matahari yang berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya karena perbedaan lintang bumi. Perbedaan yang tinggi antara suhu udara di daerah tropis dan daerah kutub bisa menimbulkan jet stream. Sumbu bumi yang miring dibanding orbit bumi terhadap matahari membuat perbedaan cuaca sepanjang tahun untuk daerah sub tropis hingga kutub. Di permukaan bumi suhu biasanya berkisar ± 30° C. Selama ribuan tahun perubahan orbit bumi juga memengaruhi jumlah dan distribusi energi matahari yang diterima oleh bumi dan memengaruhi iklim jangka panjang. Selain suhu udara, hal tersebut juga mempengaruhi kelembaban udara dan tekanan udara serta arah dan kecepatan angin.

Dengan mengetahui keadaan cuaca kita lebih bisa mengatur rencana aktivitas kita kedepan. Karena keadaan cuaca bisa diprediksikan dari waktu kewaktu oleh para pengamat cuaca. Bahkan diera yang serba aplikasi ini, disetiap smartphone bisa kita peroleh aplikasi tentang cuaca. Dengan demikian, misal di bidang pertanian, kita bisa merencanakan apa yang bisa kita tanam pada musim tanam yang akan datang yang sesuai dengan keadaan cuaca. Sehingga kita tidak dirugikan ketika pada saat mendekati panen, datang banjir atau keadaan lain yang merugikan secara ekonomis. Atau kalau kita akan berwisata ke suatu negera, bisa kita lihat prediksi cuaca pada waktu kita berkunjung nanti, jangan hanya karena pada saat itu ada penawaran tiket promo. Dan lain sebagainya, yang kesemua itu bisa kita tinjau dari sudut ekonomi, kemanusiaan dan lain sebagainya.

Termasuk juga di bidang kesehatan, kapan kita bisa prediksikan bakal terjadinya wabah suatu penyakit, misal demam berdarah. Maka sebelum tiba keadaan cuaca tersebut kita harus melakukan kegiatan pencegahannya, misalnya selalu menjaga lingkungan yang berhubungan dengan rantai penularan demam berdarah. Oleh karena itu pengetahuan cuaca memang sangat penting, sesuai dengan sudut pandang bidang masing masing. Semoga kita selalu sehat.