IMG-20150719-WA001

Amati Gerhana Dengan Cerdas

Amati Gerhana Dengan Cerdas

Menurut perhitungan ahli hisap nasional maupun internasional, akan terjadi gerhana matahari total pada tanggal 9 Maret 2016 nanti, sekitar pagi hari. Matahari memang tertutup olah bulan, atau segaris antara matahari bulan dan bumi. Oleh karena itu ada daerah tertentu di bumi kita yang terhalang sinar mataharinya oleh bulan, maka terjadilah gerhana matahari. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, terjadi gerhana matahari total, seluruh sinar matahari terhalang bulan, dengan suasana seperti saat senja.
Walaupun pada saat itu seakan tidak ada sinar matahari, tetapi sebaiknya kita menghindari melihat gerhana tersebut dengan mata telanjang. Hal ini untuk menghindari agar mata kita tidak tersengat sinar matahari secara langsung. Gerhana matahari yang benar benar total hanya terjadi beberapa saat saja. Dikhawatirkan dikala kita sedang asyik mengamati, tidak terasa ternyata sinar sudah mulai muncul, sehingga sinar matahari akan mengenai mata, khususnya sensor mata atau retina. Hal ini bisa mengakibatkan rusaknya retina. Kalau retina rusak, penglihatan akan terganggu, karena pada retina ini terdapat ujung syaraf mata yang berfungsi sebagai indra penglihatan.
Pada saat kita melihat gerhana, kita tidak terasa bahwa mata kita menatap matahari secara langsung. Karena memang tidak seperti kalau kita kena duri, akan terasa sakit, sehingga kita menghindar. Sedangkan kalau melihat gerhana matahari, mungkin kita akan sedikit merasa silau dan kita bertahan. Hal inilah yang sangat dikhawatirkan, sehingga sangat dianjurkan untuk melihat gerhana tidak dengan mata telanjang. Kita bisa gunakan tirai khusus seperti kacamata hitam khusus, walaupun harus dalam waktu tertentu juga. Kalau orang tua kita dulu , pernah mengajari cara melihat gerhana matahari dengan menyiapkan air di ember, kemudian kita melihat gerhana matahari lewat pantulan air di ember tersebut.
Untuk menghindari paparan langsung itu, beberapa stasiun TV telah berencana untuk menyiarkan secara langsung dari waktu ke waktu. Memang menurut perhitungan, gerhana seperti ini hanya terjadi beberapa ratus tahun sekali. Sehingga saking langkanya, dikhawatirkan banyak yang lupa diri dalam mengamati gerhana yang spektakuler, yang berakibat pada gangguan penglihatan. Semoga himbauan yang sedikit dan sederhana ini, akan mengingatkan kita untuk lebih berhati hati dalam euphoria gerhana matahari total yang langka. Selamat menikmati gerhana matahari total. Dianjurkan untuk melakukan solat gerhana. Semoga kita selalu sehat.