ledre

Ledre memang Kece

ledre

Ledre

Ledre merupakan snek khas Bojonegoro sedari dulu hingga saat ini. Apalagi dengan mencuatnya demam kuliner khas daerah, ledre yang dulunya kurang diperhitungkan, kini naik pamor sebagai salah satu komoditas oleh oleh khas Bojonegoro.

Mendengar nama Ledre tentu terasa cukup asing bagi orang luar Bojonegoro. Namun bagi warga kota Bojonegoro, Tuban , Lamongan dan sekitarnya, nama Ledre sudah tak asing lagi.

Bentuknya seperti cerutu namun ringan dan rapuh, bahasa sekarangnya krispi . Sekali gigit, snek akan  remuk dan bergoyang bersama lidah. Sejenis opak gulung atau semprong kalau istilah daerah lain. Rasa Ledre khas terbuat dari bahan buah pisang raja. Namun dengan perkembangan era sekarang, tidak hanya satu rasa basis pisang raja saja. Rasa plus plus sudah mulai meramaikan dan melengkapi khasanah ledre. Termasuk dalam hal ini adalah kemasan. Kalau dahulu ledre hanya terjual di kaleng bekas seperti kaleng krupuk, saat ini kemasan sudah jauh lebih menarik sejalan dengan beraneka rasa rasa. Begitupun cara produksinya, sudah lebih higienis serta telah direkomendasi pihak berwenang.

Sentra industri ledre ini berlokasi di Bojonegoro wilayah barat, yang bertahun tahun lalu kembang kempis, saat ini bisa unjuk gigi memberi warna kuliner Bojonegoro. Seiring dengan menjamurnya toko oleh oleh di sepanjang jalanan Bojonegoro, tidak ketinggalan pula ledre bisa didapat disitu dengan harga terjangkau, dibawah kisaran 50K. Selamat mencoba, semoga kita selalu sehat.