IMG-20160214-WA075

Sepur Klutuk Ambarawa

Kereta Api (Klutuk) Wisata Ambarawa

Pagi itu rombongan G3 dari Surabaya bergegas cepat selepas menikmati sarapan di hotel kota Semarang menuju Ambarawa ingin merasakan nostalgia asyiknya ‘numpak sepur klutuk’. Beberapa teman sudah memimpikan sejak seminggu yang lalu, bagaimana menikmati naik sepur klutuk yang sudah lawas, yang ternyata kecepatannya masih bisa mencapai antara 25-30 km/jam. Berjalan di tengah area alam asri diantara gunung dan persawahan dan sekitar pedesaan nan damai indah permai.

Perjalanan dari Semarang bisa ditempuh dalam 1 jam. Begitu sampai di tempat beberapa wakil dari 34 orang ini berlari dahulu, karena harus antri mendapatkan tiket yang terbatas hanya 120 orang penumpang dalam sekali angkut. Di stasiun ini juga digunakan sebagai museum Kereta Api di Indonesia, karena memang  dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG sampai sekarang masih dapat menarik gerbong kereta api wisata. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India.

Itulah sebabnya maka teman teman yang sehari harinya sangat sibuk dari Surabaya ini sampai memburu merasakan salah satu sarana transpotasi yang pernah ada puluhan tahun yang lalu. Selain itu kita juga bisa menyaksikan betapa masih kokohnya  bangunan stasiun yang terawat rapi, tentu saja dengan gaya arsitektur  Belanda, serta masih banyak lagi koleksi lokomotif serta gerbong lainnya. Rasa lega membuat kita fres di jiwa penikmatnya dan tentu saja bisa dicoba untuk merasakan kesana. Semoga kita selalu sehat.