DSC_0463

Agrowisata Blimbing

Agrowisata Blimbing Bojonegoro
Blimbing memang kurang menduduki ‘peringkat’ dibanding buah yang lain, misal jeruk, apel, duren atau masih banyak lagi. Namun blimbing madu, merupakan salah satu jenis blimbing unggulan dari Desa Ngringin Rejo,Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, yang rasanya segar serta asem manisnya membuat kita ketagihan.
Dibantaran Bengawan Solo yang menurut riwayat dahulu menjadi langganan banjir, sejak beberapa tahun terakhir telah berbalik menjadi salah satu daerah tujuan wisata, baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Bahkan tidak jarang tamu dari ibukota pun mengunjungi Agrowisata Blimbing Bojonegoro yang menyajikan blimbing madu berukuran jumbo.
Wisatawan bisa menikmati blimbing yang sudah dipanen para pemilik, ataupun bisa memilih memetik sendiri dari pohon sesuai selera. Begitu juga ukuran blimbing mulai seukuran sekitar 10 cm sampai sebesar lebih dari 20 cm. Melihat warnanya yang kuning keemasan saja kita sudah tergiur, apalagi setelah dicicipi, rasa ‘nyuuuss’ akan membuat kita mencari yang lain.
Saat ini tidak hanya blimbing buah saja yang disediakan, ada pilihan oleh oleh untuk pada sanak dan kerabat bisa berupa jus blimbing yang diproduksi dan dikemas secara higienis, manisan blimbing serta keripik blimbing. Semuanya dihasilkan dari daerah yang dulunya sebagai langganan banjir, namun sekarang daerah itu tumbuh menjadi daerah yang menawarkan peningkatan kehidupan perekonomian masyarakat yang dikelola dengan penuh kebersamaan. Semuanya bisa diperoleh dengan harga yang terjangkau. Sebagai agenda tahunan terkait Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro, Festival Blimbing merupakan salah satu acara unggulan, disamping Festival Bengawan dan yang lain.
Agrowisata Blimbing bisa dicapai kearah barat dengan jarak tempuh sekitar 10 km dari Bojonegoro dan sampai di tempat tujuan lebih kurang 20 menit. Wisatawan bisa langsung masuk ke area perkebunan blimbing, untuk sekedar melihat bagaimana menariknya buah blimbing yang masak di pohon, ataupun membeli blimbing dengan cara petik sendiri. Sungguh mengasyikkan. Tidak jarang pula masyarakat mengkonsumsi blimbing antara lain sebagai obat untuk meregulasi tekanan darah dan sebagai salah buah yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tententu, paling tidak vitamin C serta beberapa mineral penting kalium, calcium, zat besi. Selamat rekreasi Agrowisata Blimbing. Semoga kita selalu sehat.