Kalsium, Sehat dan Kuat

Sehat Kuat dengan Kalsium

Semua orang tua ingin buah hatinya tumbuh dengan sehat dan kuat. Oleh karena itu kita harus mengetahui dan memahami beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuhnya pada balita. Selain vitamin, unsur yang sangat penting untuk pertumbuhan balita agar balita menjadi sehat dan kuat adalah kalsium. Dan sudah seharusnya terutama para ibu, harus lebih fokus dan memperhatikan kecukupan asupan kalsium pada balitanya daripada keinginan mencukupi model pakaiannya.

Sudah seharusnya susu dan makanan yang kaya kalsium lainnya selalu menjadi bagian penting dalam menu makanan si kecil. Kalsium adalah balok pembangun penting untuk tulang yang kuat dan sehat.
Selama masa kanak-kanak, tubuh menggunakan mineral kalsium untuk membangun tulang yang kuat sampai proses yang hampir selesai di tahap akhir masa remaja. Anak balita dan bayi yang tidak mendapatkan kalsium dan Vitamin D yang cukup (vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium) mempunyai resiko tinggi mendapatkan penyakit pelunakan tulang yang menyebabkan pertumbuhan yang terhambat, kaki yang tidak lurus (bentuk X atau O) dan lemah otot.

Kalsium mempunyai peran penting dalam kontraksi otot, menyampaikan pesan melalui sel saraf dan pelepasan hormon. Jika tingkat kalsium di darah rendah (disebabkan oleh kurangnya mendapat kalsium), kalsium akan diambil dari tulang untuk memastikan fungsi sel tetap berjalan normal.

Bila sejak dari masa kanak-kanak, si balita mendapatkan kalsium dan aktivitas fisik yang cukup, akan mempunyai tulang yang kuat di masa dewasa mereka. Sumber-sumber kalsium selain susu antara lain adalah keju, tahu, yogurt, kacang mete, ikan laut, kacang merah dan brokoli.

Bisa juga ditambah susu formula, karena beberapa susu formula menawarkan berbagai komposisi yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Namun kita tidak perlu terlalu berambisi memburu komposisi tertentu yang terkadang harganya terlalu tinggi, karena memang kebutuhan tubuh tidak langsung banyak, melainkan bertahap serta berkelanjutan.

Sangat dianjurkan mencukupi kebutuhan nutrisi sebisa mungkin dengan cara natural, bahan alami yang tersedia, tidak memburu yang instan, karena semua dan apapun juga pasti melalui proses. Kesabaran juga perlu dikedepankan, agar semua proses berjalan dengan baik. Cukupi asupan kalsium sebisa mungkin dari bahan yang alami atau herbal. Semoga kita selalu sehat.