Bumi Semakin Rapuh?

Hari Bumi

Bertepatan tanggal 22 April masyarakat internasional menyepakati sebagai Hari Bumi. Dianggap perlu apalagi penting atau tidak, kita petik hikmahnya saja sebagai salah satu peringatan kepada kita semua tentang permasalahan yang terkait dengan bumi kita. Google pun memunculkan doodle Hari Bumi pada hari ini.

Salah satu peringatan yang akhir akhir ini mencuat tentang bumi, adalah dalam dua pekan ini seringnya terjadi gempa. Beberapa kewaspadaan terhadap aktivitas gunung berapi  aktif, serta munculnya semburan lumpur di pegunungan selatan Bojonegoro. Sudah begitu rapuhkan bumi yang kita tumpangi ini? Belum lagi di ibukota dan sekitarnya yang seakan sudah ‘berlangganan’ banjir, bahkan di beberapa media hari ini di Bekasi ada yang teremdam hingga 2 meter lebih.

Semua kejadian alam diatas sedikit banyak akan mempengaruhi lingkungan, ekosistem dan tentunya akan berinteraksi dengan kehidupan sebagian masyarakat, yang akhirnya juga mempengaruhi kesehatan. Kita memang kurang bisa ‘melawan’ kejadian atau bencana alam. Namun kita bisa berusaha untuk meminimalisir atau menjaga ‘kehidupan’ alam secara alamiah. Tidak membabat habis pohon di hutan, memburu binatang, menggali dan menguras isi perut bumi serta membakar lahan perdu.

Kita sudah banyak ‘berdosa’ kepada alam dengan melalkukan atau melawan ‘SOP” alam, sehingga tidak jarang alam begitu ‘marah’ kepada kita sebagai tertimpa bencana. Manipulasi alam yang kurang dipertimbangkan akan bisa menimpa kita yang mengakibatkan bencana baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

Issue terakhir tentang reklamasi teluk Jakarta, semoga pertimbangan para pakar benar benar membaca kepentingan semua sektor dan semua pihak serta tidak menimbulkan azab dikemudian hari. Sehingga kelestarian bumi kita akan terjaga.

Inilah salah satu hikmah peringatan Hari Bumi, agar kita semua lebih waspada untuk memelihara bumi kita agar kita juga tetap dipelihara bumi. Di sektor kesehatan, kalau kita memelihara bumi dalam hal ini lingkungan yang tetap alamiah dan higienis, kesehatan kita juga akan terjaga, sehingga masyarakat tetap sehat dan produktivitas akan meningkat. Semoga kita selalu sehat.