9 Ramadhan Merdeka

Indonesia merdeka 17 Agustus 1945 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1364H hari Jum’at yang bertepatan pula pada hari ini tanggal 9 Ramadhan. Para pejuang kita dahulu dengan ikhlas berjuang tanpa berhitung bulan apa saat itu, walau dalam suasana puasa namun semangat beliau beliau patut kita contoh.

Begitu juga saat ini 9 Ramadhan 1437H telah 73 tahun kemudian. Etos kerja semua masyarakat tetap semangat walau dalam keadaan puasa, bahkan karena terlalu semangatnya dan karena kebijakan setempat yang kurang koordinasi dan kurang mempertimbangkan segala aspek, muncul masalah kemanusiaan yang terkait erat dengan masalah sosial dan ekonomi.

Seperti kita lihat dibeberapa media visual terjadi ‘penangkapan’ pedagang makanan saat bulan Ramadhan di pagi hari. Ini merupakan hal baru yang mungkin sumua masyarakat belum memahami dengan benar, apa tujuan dilakukan seperti itu.

Pada awal kemerdekaan kita berjuang melawan musuh dari bangsa lain, pada saat ini masih banyak hal yang harus kita perjuangkan bahkan berjuang untuk bisa menghidupi keluarganya diantara masyarakat kita sendiri.

 Jadi walau kita sudah meraih kemerdekaan, ternyata perjuangan untuk selalu mencapai perubahan demi tujuan yang baik kedepan harus selalu dilakukan. Dan semua yang kita lakukan harus dipertimbangkan secara holistik menyeluruh di lihat dari semua aspek yang ada terkait semua stakeholder yang ada. Pemahaman memang harus dioptimalkan terutama pada masyarakat bawah dengan bersafari berkesinambungan sosialisasi hal baru yang menyangkut hidup orang banyak.

 Kita syukuri kemerdekaan ini dengan tetap berjuang untuk menyempurnakan masyarakan yang berkemajuan di segala bidang, termasuk kebutuhan mendasar masyarakat banyak. Selamat menunaikan ibadah puasa, selamat mengenang kemerdekaan. Semiga kita selalu sehat.