IMG_4823

Arus Balik Mudik

Arus Balik Mudik Bali – Jawa Lancar

Masa libur panjang Hari Raya sudah hampir usai, bahkan hari ini diyakini sebagai puncak arus balik bagi semua pemudik, terutama bagi mereka sebagai abdi Negara. Pada sekitar hari itu semua tiket armada apapun telah habis terjual jauh sebelum hari H, baik transportasi darat, laut ataupun udara.

Begitu juga kemarin tanggal 9 Juli 2016, memang belum terasa berdesakan  atau padatnya arus balik dari pulau Dewata menuju pulau Jawa. Di pagi hari perjalanan dari Denpasar ke Gilimanuk sangat lancer bahkan lebih lancer dari biasanya, karena memang transportasi truk belum diperbolehkan. Dan selama perjalanan aman saja tidak terganggu oleh apapun.

Saat tiba di pelabuhan Gilimanuk juga langsung bisa menaiki kapal ferry yang kebetulan mendapatkan kapal yang cukup representative, full AC tempat duduk longgar serta dapat diatur bahkan disediakan tempat tiduran bagi sekeluarga, toilet yang disediakan juga bersih dan tersedia cukup air. Saat berangkatpun kita diberi petunjuk keselamatan seperti halnya saat keberangkatan pesawat. Belum tahu juga apakah semua kapal sudah memberlakukan seperti ini dan mulai kapan, karena sudah sekitar 10 tahun tidak menggunakan angkutan kapal penyeberangan. Dimana mana terlihat terjaga kebersihannya serta tertata semuanya cukup rapi. Kapal yang cukup nyaman, mungkin andaikata sebuah Rumah Sakit, kapal Ferry tersebut sudah lulus akreditasi.

Namun perjalanan yang mestinya hanya memakan waktu 45 menit, kemarin terpaksa menghabiskan waktu 2 kali lipatnya, dikarenakan harus menunggu antrean bersandar, dermaga yang tersedia terbatas sedangkan kapal yang beroperasi diperbanyak. Sehingga para penumpang harus menunggu terapung beberapa saat.

Setelah tiba di Ketapang Banyuwangi, pelabuhan di pulau Jawa, ternyata antrean kendaraan yang menuju pulau Dewata cukup banyak  dan harus lebih sabar. Perjalanan dilanjut melewati jalur utara, yang 5 Km terhalang sedikit dengan adanya acara hiburan pentas music di area wisata pantai Watu Dodol yang menyedot pengunjung cukup padat.

Selama perjalanan kendaraan cukup longgar dikarenakan belum adanya ijin bagi transportasi truk, sehingga bisa dikatakan tanpa ada hambatan. Selama dalam perjalanan yang lancer, ditemui beberapa kecelakaan kecil pada pengendara motor berjumlah 4 kecelakaan, ada yang jatuh tunggal ada pula dengan sesama pemotor. Dan terlihat juga 3 pemotor yang terganggu perjalanannya karena gangguan mesin motornya, yang salah satu di tengah hutan Baluran, namun semuanya tidak sendirian.

Banyak juga rest area yang tersedia di sepanjang perjalanan antara Denpasar sampai Bojonegoro, namun rest area yang paling menarik dan sangat padat diminati pemudik adalah milik SPBU Utama Raya yang terletak di daerah Paiton.

Core business ‘rest area’ Utama Raya ini adalah SPBU, namun justru yang lebih diminati para pengguna jalan adalah kulinernya dengan aneka macam pilihan dan rasa istimewa dengan harga standart dan terjangkau serta banyak fasilitas yang tersedia dan semuanya serba prima dengan layanan yang sangat memuaskan. Dan banyak pengguna jalan yang ketagihan untuk singgah disana walau diluar hari raya sekalipun. Musolla yang tersedia sangat bagus, selain tempat wudlu juga disediakan puluhan toilet yang bersih serta tidak kekurangan air. Disamping itu juga disediakan mini supermarket serta tersedia souvenir. SPBU Utama Raya juga menyediakan Hotel serta Cottage yang menarik dan nyaman dengan tarif terjangkau pula. Dengan kata lain tempat ini merpakan ‘rest area’ yang komplit dan nyaman.

Perjalanan selanjutnya lancar tiada hambatan, sampai baru keluar dari Sumberrejo terhentisekitar 30 menit karena ternyata beberapa menit yang lalu terjadi kecelakaan sebuah MPV tidak jelas sebab kecelakaan, tunggal ataukah ganda. Sehingga sampai di rumah sekitar 00.30 sudah tanggal 10 Juli dini hari.

Perjalanan mudik arus balik pada tanggal 9 Juli cukup nyaman dan harus dinikmati saja, karena perjalanan lebih dari 12 jam, jadi harus perlu istirahat sekitar 3 – 4 jam sekali saat masuk waktu solat. Tidak boleh dipaksakan terus menerus, juga tidak boleh menunda waktu makan. Semoga kita selalu sehat.