IMG_4800

Watu Dodol Tidak Ambrol

Watu Dodol

Ditepi jalan raya yang juga dipesisir pantai antara Asembagus, Situbondo dan Banyuwangi, terdapat onggokan batu yang ‘tidak bisa’ disingkirkan dan masyarakat setempat menyebutnya dengan Watu Dodol. Sebelum ada pelebaran jalan, Watu Dodol terletak disebelah timur jalan, namun adanya pelebaran jalan tidak membuat ‘dirinya goyah, sehingga saat ini Watu Dodol tetap berada pada tempatnya, diapit oleh jalan lama dan jalan baru sebagai pemisah jalan.

Watu Dodol juga dipercayai sebagai ‘batu sakti’ yang siapapun ‘tidak menggoyahkan’ dirinya dari tempat kedudukannya, walau seakan tinggal mendorong sedikit saja sudah terjungkal ke laut. Namun tidak demikian, sehingga para stakeholder sengaja ‘membiarkan’ pada tempatnya sebagai daya tarik wisata.

Sejak dahulu, apalagi disekitar hari besar, tepi pantai di selatan Watu Dodol ramai dikunjungi para penikmat wisata terutama wisatawan local. Mereka menikmati suasana pantai sambil menikmati hidangan yang disajikan oleh bebrapa penjaja makanan ataupun beberapa warung. Ada juga yang berbasah basah di air laut pantai serta tidak sedikit pula yang mengendarai perahu layar menyusuri pantai sekitar Watu Dodol.

Sering pula diadakan pentas music, sehingga lebih banyak menyedot pengunjung, apalagi saat lebaran ketupat disekitar hari hari ini, yang tentunya juga akan sedikit ‘mengganggu’ lalu lintas jalan utama yang menghubunghkan dari danke Banyuwangi lewat jalur utara.

Berbagai macam orang memandang pada keberadaan Watu Dodol yang terletak sekitar 5 Km sebelah utara pelabuhan Ketapang, pelabuhan yang mengantar para wisatawan dari pulau Jawa ke pulau Bali. Dan bermacam pula mitos Watu Dodol dengan berbagai versi yang ada. Pada kacamata modern ini kita ambil hikmahnya saja sebagai salah satu tempat pariwisata di sekitar Kabupaten Banyuwangi. Begitu juga beberapa kilometer di utara Watu Dodol, juga telah tumbuh 2 tempat wisata pantai yang baru, yang kemarin saat lewat juga banyak dikunjungi wisatawan walau lokasi agak masuk kea rah timur.

Watu Dodol mudah ditemukan, kalau kita akan menuju atau dari pelabuhan Ketapang melewati jalur utara, tanpa mencaripun kita pasti akan berjumpa dengan obyek wisata Watu Dodol. Selamat berwisata, selamat menikmati perjalanan mudik semoga perjalanan lancer dan sangat diperlukan kesabaran yang lebih dari biasanya saat berkendara. Semoga kita selalu sehat.