DSC01366 - Copy

Kloter Pertama Tiba

Alkhamdulillah hari ini 9 Agustus 2016 telah mendarat jamaah calon haji dari Indonesia dari 10 embarkasi yang tergabung dalam kloter pertama yang berjumlah keseluruhan 4500 jamaah. Semua jamaah calon haji itu mendarat di bandara Prince Mohammad bin Abdul Azis Madinah yang diawali dari kloter yang berasal dari Sumatra Barat. 3 hari sebelumnya petugas non kloter sudah mendahului dan siap mengemban tugas melayani jamaah di Madinah.

Selanjutnya para jamaah caloh haji itu diantar dengan bis ke pondokan masing masing di sekitar Masjid Nabawi atau paling jauh 500 meter dari masjid. Keadaan pondokan atau hotel rata rata memadai dan nyaman serta tidak diperlukan angkutan untuk mencapai Masjid Nabawi. Mereka cukup berjalan kaki, tidak seperti 10 tahun yang lalu beberapa pondokan bisa sejauh 3 km dan harus mencari angkutan sendiri bila tidak mau jalan kaki.

Jamaah calon haji ini selama di Madinah akan melakukan ibadah rutin di Masjid Nabawi karena melakukan solat di Masjid Nabawi pahalanya 1000 kali di masjid lain. Oleh karena itu perbanyaklah solat selagi disana, serta melakukan ibadah lain. Usahakan juga ziaroh ke makam Rasulullah SAW, Abu Bakar RA dan Umar bin Khattab RA yang berada di tenggara bagian masjid atau di bawah kubah hijau. Selain itu juga masuk ke Raudhah yaitu tempat antara rumah dan mimbar Rasulullah SAW yang merupakan salah satu taman yang ada di surga.

Bisa juga berziaroh ke sekitar kota Madinah, mulai yang terlihat disamping timur Masjid Nabawi yaitu makam Baqi, yang merupakan makam para suhada dan juga Aisyah, serta beberapa masjid lain. Namun utamakan ke Masjid Quba’ yang merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW, dan melakukan solat sunnah 2 rakaat disana pahalanya setara dengan melaksanakan umroh. Selain itu ke jabal Uhud, masjid Qiblatain, masjid Khandaq serta pasar kurma, walau adakalanya bisa ke percetakan Al Qur’an atau jabal magnet. Serta beberapa masjid para sahabat Nabi disekitar Masjid Nabawi yang terkadang kita lewati.

Selama di Madinah para jamaah calon haji akan mendapat konsumsi dari pemerintah yang sudah termasuk dalam beaya haji kita. Makanlah segera apabila sudah disajikan yang sudah dikemas dalam kotak. Jangan sampai menunda apalagi menyimpannya karena dikhawatirkan menjadi basi dan bisa mengganggu kesehatan. Minumlah segelas setiap jam, sebisa mungkin air zam zam karena bulan Agustus ini udara sangat panas. Gunakan masker untuk menjaga stamina kesehatan, serta jangan memforsir diri karena belum melaksanakan inti ibadah haji beberapa hari kedepan. Semoga semua ibadah jamaah haji lancar dan diberi kemudahan Allah SwT. Semoga kita selalu sehat.