Jamaah ‘Hijrah’ ke Madinah

Inti ibadah haji telah usai. Semua jamaah haji Indonesia menunggu giliran mobilisasi pemulangan, dengan melakukan ibadah sunnah baik di Mekah maupun di Madinah. Jamaah haji Indonesia gelombang kedua akan berdatangan di Madinah mulai hari ini Kamis (22/09/2016). Mereka sebelumnya sudah menyelesaikan prosesi haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Pada hari pertama akan tiba sebanyak 11 kloter dan hari berikutnya menyusul 10-13 kloter. Jamaah haji akan mulai diberangkatkan ke Madinah pada Kamis mendatang mulai Kamis pagi waktu setempat.

Kepala Daerah Kerja Madinah, Nasrullah Jasam, mengatakan, petugas Daker Madinah sudah siap menyambut kedatangan para jamaah haji Indonesia tersebut. Petugas juga telah berkoordinasi dengan Muassasah, Kementerian Haji Arab Saudi, hingga para pemilik hotel. Total ada sekitar 67 ribu jamaah haji dengan 171 kloter yang akan berada di Madinah sekitar 8-9 hari sebelum pulang ke tanah air.

Untuk fasilitas pemondokan bagi jamaah, ada yang masih menggunakan hotel yang sebelumnya ditempati jamaah haji gelombang pertama. Selanjutnya, untuk katering, jadwal kedatangan juga sudah disampaikan kepada perusahaan katering. Nantinya jamaah haji juga akan mendapatkan layanan selamat datang. Selain tentunya, layanan katering selama berada di Madinah.

Namun, untuk layanan katering ini kemungkinan hanya 10 perusahaan yang terlibat. Karena, berdasarkan evaluasi pada gelombang pertama, ada satu perusahaan katering yang diusulkan kepada kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk tidak dilanjutkan kerja samanya. Karena melakukan pelanggaran dan sudah tidak bisa ditolerir lagi, maka kami usulkan untuk diputus kontraknya.

Koordinasi juga dilakukan bagi petugas yang akan ditempatkan di Terminal Hijrah. Petugas yang akan menempati sektor ini adalah mereka yang sebelumnya bertugas di Bir Ali. Di Terminal Hijrah ini jamaah akan mendapatkan semacam nomor kepastian penempatan selama di Madinah. Jamaah nantinya akan langsung menempati pemondokan sesuai penempatannya.

Selama di Madinah, jamaah akan menjalankan ibadah di Masjid Nabawi dan ziaroh disekitarnya, termasuk ke tempat bersejarah yang ada di Madinah.

Walau semua ibadah haji telah ditunaikan, sebaiknya para jamaah haji selalu menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima. Karena tidak jarang saat menjelang kepulangan para jamaah haji terganggu kesehatannya, serta selalu menjaga kemabrurannya. Semoga kita selalu sehat.

Sumber : Kemenag