img_3974

Festival Tahu Bojonegoro

Setiap Kabupaten memiliki makanan khas walau di daerah lain juga ada. Dan setiap Kabupaten mempunyai cara tersendiri keunikan pemasaran. Kali ini pemasaran makanan tradisional dikemas sebagai festival, yang sekilus dipoles dengan aroma wisata yang unik dan inovativ.

Festival Tahu yang dipusatkan di Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Kota Bojonegoro, Minggu pagi (18/09/2016) berlangsung meriah. Tak kurang dari 10 ribu pengunjung menyaksikan festival tahu yang kali pertama digelar di Bojonegoro itu. Puluhan perajin tahu di kawasan tersebut penuh antusias mengikuti festival tahu.

Festival Tahu Bojonegoro ini diawali dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti puluhan ribu warga setempat. Tercatat lebih dari 10 ribu kupon telah laku terjual degan harga Rp 2.500/lembar untuk kegiatan jalan sehat dengan memperbutkan hadiah utama sepeda motor.

Sejumlah Pejabat Pemkab serta seluruh perangkat kelurahan Ledok Kulon ikut memerihkan seta mengawal festival ‘makanan rakyat’ yang digemari setiap orang ini. Pemkab Bojonegoro menyambut baik adanya festival tahu ini. Dan Pemkab mengapresiasi kreativitas seluruh masyarakat di Kelurahan Ledok Kulon yang menggelar acara ini.

Festival Tahu ini akan menjadikan ajang promosi potensi Ledok Kulon sebagai produsen tahu dan mampu dikemas dengan acara yang indah dan meriah. Karena keunikannya, maka pihak Pemkab telah merancang agar acara sejenis menjadi agenda tahunan. Sehingga tahu Ledok Kulon melegenda baik secara nasional maupun internasional.

Festival Tahu ini bisa dijadikan wisata alternatif di Bojonegoro melalui optimalisasi potensi dan kearifan lokal seperti yang dilakukan warga Ledok Kulon ini. Pemkab Bojonegoro akan terus mendorong munculnya kreativitas serta inovasi seluruh warga yang lainnya. Dalam Festival Tahu ini para perajin membuat gunungan tahu goreng yang diarak disekitar lokasi.

Tahu merupakan makanan sehat yang terbuat dari sari kedelai yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan kesehatan. Dengan mengkonsunsi tahu tubuh kita bisa tercukupi kebutuhan protein, terutama protein nabati sebagai unsur pembangun tubuh. Pengolahan yang higienis akan mempunyai nilai tawar yang lebih serta layak konsumsi. Lebih lagi kalau dikemas sesuai syarat yang ditentukan oleh instansi yang berwenang. Semoga kita sealu sehat.