IMG_0802

Kuliner Kebun Coklat

Beberapa tahun yang lalu kota Jember hanya dikenal sebagai salah satu alternativ kota pendidikan yang cukup menarik mahasiswa dari luar kota. Namun belakangan ini nama Jember semakin berkibar dengan hadirnya Jember Fashion Carnaval. Serta ditujang oleh beberapa wisata pantai yang cukup menjadi magnet para turis baik lokal maupun mancanegara. Hal itu juga didukung oleh sajian kuliner khas Jember, yang antara lain tersedianya perkebunan coklat.

Semua orang pasti suka permen coklat. Untuk melihat proses pembuatannya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) Jember menyelenggarakan wisata kriya pembuatan coklat mulai proses awal sampai akhir di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Jember, Jawa Timur.

Pengunjung akan diajak melihat proses pembuatan coklat mulai sudah menjadi biji coklat kering, penghalusan, pengayakan dan pencampuran susu dan gula, sampai pencetakan dan terakhir pengemasan. Sekitar empat hari waktu yang diperlukan mulai penghalusan biji coklat kering sampai proses menjadi permen coklat.

Lokasi pabrik coklat yang dibangun di tengah perkebunan coklat dan karet di sebelah barat daya Kota Jember menambah sejuk suasana pabrik coklat. Hanya setengah jam jarak yang ditempuh dengan mobil dan sekitar 20 kilometer dari Kota Jember. Kebetulan lokasinya satu arah dengan tempat wisata Pantai Papuma maka pengunjung bisa sekaligus melanjutkan perjalanan ke pantai itu setelah melihat coklat.

Pengunjung tanpa dipungut biaya bisa menyaksikan wisata kriya ini. Masuk ke lokasi alat-alat pembuatan coklat, sepatu tamu harus ditukar dengan sandal yang telah disediakan karena kamar pembuatan cokelt harus steril dan berudara air condition. Bau aroma coklat langsung menyergap hidung ketika masuk ruangan yang dipenuhi alat-alat pembuatan coklat ini.

Akan ditunjukkan pasta coklat hasil dari penggilingan pertama biji coklat. Kemudian diolah lagi ke penggilingan kedua menjadi lemak coklat yang cair seperti minyak goreng sebagai bahan baku utama penentu rasa enaknya coklat. Lemak coklat dan pasta ini yang dicampur dengan susu, vanilla dan gula menjadi permen coklat.

Kemudian dicetak, didinginkan di kulkas dan dikemas berdasarkan ukuran produk. Pegawai pengemasan sangat terampil memainkan tangannya membungkus coklat. Di ruangan ini kita boleh mencicipi coklat asli yang dari lemak coklat yang bahan paling bagus produk Jember ini. Rasa coklatnya terasa enak, legit manisnya sangat lumer di lidah.

Lokasi wisata ini sangat cocok buat anak-anak usia sekolah yang ingin tahu cara mengolah, mengaduk dan mencetak coklat. Dengan memakai merk resmi Vicco menghasilkan coklat bubuk, coklat permen batangan isi orisinal dan mente, kemasan dalam toples yang beraneka warna bungkus kertas, meisis coklat untuk tabur roti, susu coklat cair dalam kemasan dingin serta ice cream.

Setelah melihat proses pembuatan coklat kami diarahkan ke toko oulet Vicco. Di toko produk-produk Vicco tersebut pengunjung diharapkan membeli produknya seperti coklat permen, coklat bubuk, meisis, minuman coklat segar dan sabun mandi coklat. Pabrik coklat buka mulai Senin sampai Sabtu dan khusus hari Minggu pengunjung harus melakukan perjanjian untuk melihat pabrik coklatnya.

Para pengunjung juga bisa berkeliling ke sekitar perkebunan menikmati indahnya alam dengan menggunakan jasa kereta kelinci yang tersedia. Kenikmatan coklat saat disantap sebagai snek selalu diidamkan oleh siapapun karena memang menyehatkan, asal tidak berlebihan. Disini bisa berwisata sekaligus menikmati kelezatan coklat. Semoga kita selalu sehat.