Kedatangan Haji 1437H

Oleh : achmad budi karyono

Tadi malam Sabtu 8 Oktober 2016 pk 11.41 jamaah haji Bojonegoro kloter 50 telah mendarat di bandara Juanda. Alkhamdulillah semua lancar dan langsung menuju asrama haji Sukolilo. Sekitar pk 01.00 telah memasuki asrama haji Sukolilo.

Setelah menyelesaikan urusan imigrasi, para jamaah haji bersiap menuju Bojonegoro. Dan pada pk 03.55 bis jamaah yang dikawal polisi telah memasuki tol Surabaya – Gresik. Sekitar pk 06.00 bis jamaah haji memasuki halaman masjid atTaqwa jl Teuku Umar 48, yang sebelumnya singgah di SMT Sukowati sebagai pusat PPIH Kabupaten Bojonegoro, yang biasanya di pendopo Kabupaten.

Pemulangan jamaah haji ini juga didukung oleh Polres Bojonegoro demi keamanan dan kelancaran lalu lintas, mengingat di sekitar SMT yang merupakan jalan utama, akan terdapat penjemput yang sedikitnya membawa 50-75 kendaraan. Sedangkan di sekitar atTaqwa sedikitnya 100 kendaraan penjemput, yang merupakan jalan poros kota.

Terkait kepulangan jamaah haji pihak Polres mengatakan bahwa, untuk memberikan kenyamanan kepada jamaah haji Kepolisian Resort Bojonegoro menurunkan sebanyak tiga peleton pasukan termasuk para Polwan yang di tempatkan dibeberapa titik dan dipimpin oleh para perwira pengendali masing – masing, mulai di dalam Aula hingga simpul simpul jalan yang diperkirakan rawan kemacetan, bahkan Polsek jalur yang dilewati kepulangan para jama’ah haji diminta untuk mengeluarkan mobil patroli dan menempatkan anggota di simpul jalan.

Pengamanan kepulangan haji ini selain diprioritaskan terhadap kedatangan jamaah haji, juga terhadap rombongan keluarga yang menjemput, Anggota sudah sejak dini hari telah bersiap menyambut kedatangan jamaah haji di Aula SMT dan aula atTaqwa.

Alkhamdulillah semua jamaah haji KBIH Masyarakat Madani yang berjumlah 114 orang, pulang dalam keadaan sehat. Begitu juga para keluarga merasa gembira bisa menjemput di aula atTaqwa, karena konsentrasi kepadatan massa bisa berkurang sehingga lebih longgar dibanding menjadi satu, begitu juga jamaah yang lain akan merasa lebih nyaman. Begitu juga pihak keamanan lebih bisa mengawasi dengan baik sehingga keamanan lebih terkendali. Semoga semua jamaah haji menjadi haji mabrur. Semoga kita selalu sehat.