Manasik Haji 2017 Dimulai

Oleh : achmad budi karyono

Rasanya baru saja beberapa pekan yang lalu jamaah haji pulang ke tanah air dengan kemabrurannya, mulai pekan depan para calon jamaah haji tahun 1438H sudah harus mengawali manasik. Manasik merupakan salah satu persiapan untuk pembekalan ilmu dalam melaksanakan ibadah haji serta segala sesuatu yang terkait dengan rangkaian ibadah haji. Dan sebaiknya setiap individu harus menguasai manasik haji, bukan hanya menggantungkan diri mengikuti ketua regu atau ketua rombongan saja.

Di dalam manasik, para calon jamaah haji akan mempelajari perihal haji mulai cara melaksanakan haji beserta doanya. Selain itu juga harus mempelajari masalah kesehatan yang terkait dengan ibadah haji, karena kesehatan merupakan salah satu unsur penting agar pelaksanaan haji bisa sempurna dan bisa meraih haji mambrur.

Kedua bekal ilmu itu tidak bisa disiapkan mendadak, harus jauh sebelumnya dipelajari dengan baik dan disiapkan sesuai dengan keadaan yang mendekati sesungguhnya. Misalnya kesiapan fisik seseorang, harus dilatih sejak sekarang. Yang tidak kalah pentingnya, saat di tanah suci sekitar pertengahan tahun 2017 nanti bertepatan dengan musim panas setempat. Dan andaikata ada gangguan kesehatan saat ini, segera dikoreksi dan dijaga agar tetap stabil dan mendekati normal atau baik.

Hal yang termasuk vital itulah yang kurang mendapat perhatian para calon jamaah haji, sehingga angka kesakitan saat pelaksanaan ibadah haji masih belum bisa ditekan. Oleh karena itu sebaiknya para calon jamaah haji peberangkatan 1438 H agar sejak sekarang mempersiapkan dan menjaga kesehatan untuk menunaikan ibadah haji nanti. Semoga kita selalu sehat.