Penyebab Kanker

oleh : dr achmad budi karyono

Sampai saat ini penyebab terjadinya kanker yang pasti dan sesungguhnya, masih ‘misterius’. Namun beberapa bahan yang berinteraksi dengan tubuh, sangat diyakini menjadi pemicu kuat terjadinya kanker dalam tubuh seseorang. Karsinogen, demikian beberapa bahan atau zat kimia pemicu kanker itu dikenal.

Jadi Karsinogenik adalah substansi yang memicu menyebabkan kanker atau meningkatkan risiko timbulnya kanker. Oleh karena itu alangkah baiknya kalau kita semua sedikit mengetahui dan memahami beberapa bahan yang berada disekitar kita yang ternyata berpotensi karsinogenik. Dan bahan ini tentu saja bisa mengancam kesehatan kita kalau kita kurang atau tidak mencermati aturan dalam menggunakannya.

Beberapa macam obat yang memiliki kandungan kimia tertentu bila menumpuk dengan jumlah tertentu bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Karena itu penting untuk mengkonsumsi obat sesuai dengan indikasi dan dosis yang tepat dan dalam pengawasan dokter. Begitu pula dengan berbagai produk yang digunakan dalam proses pertanian, cara penggunaan bahan berbahaya tersebut harus dengan cara bijaksana.

Polusi lingkungan yang dihasilkan oleh pabrik, kendaraan, maupun sumber pembangkit tenaga listrik memiliki potensi besar menimbulkan kanker, apabila terpapar secara terus menerus. Oleh karena itu penting sekali kita memelihara kelestarian lingkungan serta sanitasi yang higienis agar beberapa hal tersebut tidak mengganggu kesehatan kita. Namun terpaan matahari yang alami, juga memicu timbulnya kanker kulit pada orang orang tertentu yang memiliki kulit sensitiv.

Beberapa virus juga telah diakui berhubungan erat dengan terjadinya kanker tertentu. Dengan demikian para pakar kesehatan bisa berupaya ‘mengantisipasi’ timbulnya kanker yang terkait virus tersebut dengan cara imunisasi.

Gaya hidup tertentu juga diyakini bisa memicu timbulnya kanker karena paparan zat tertentu yang bersifat karsinogenik. Agar kita terhindar hal tersebut diatas, yang paling utama melaksanakan pola hidup sehat. Antara lain dengan cara memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan, perbanyak makan sumber makanan yang alamiah, seringlah memilih masakan yang direbus atau dikukus dari pada yang digoreng dan dipanggang, serta perbanyak minum air putih sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh. Dengan menjaga kondisi kesehatan yang baik, gangguan hal tersebut diatas bisa terhindar.

Kebiasaan olah raga yang teratur, menghindari rokok, minuman keras dan makanan dalam kemasan, mengurangi penyimpanan makanan dalam plastik, minum obat sesuai dosis dan anjuran dokter, menghindari paparan sinar matahari pada siang hari, mencermati kandungan bahan kimia yang ada dalam produk yang akan anda gunakan dalam rumah kita, sangatlah dianjurkan dan diharapkan bisa mengurangi resiko terpaparnya zat karsinogenik. Semoga kita selalu sehat.