Dampak Cuaca Ekstrim

Informasi atau peringatan dari BMKG tentang prediksi terjadinya angin kencang dan hujan lebat sepanjang pekan ini memang beberapa hari terbukti. Dan hampir sepanjang hari tidak luput dari selimut awan cukup tebal serta berpotensi hujan, walau dengan situasi seperti itu suhu sekitar kita menjadi lebih sejuk.

Beberapa masyarakat merasa ‘dirugikan’ dengan kondisi cuaca seperti ini karena sedikit atau banyak sumber kehidupannya akan terusik. Misalnya pedagang es, pedagang krupuk atau mungkin petani yang mendekati masa panen yang terancam limpahan air, dan masih banyak lagi. Namun ada juga masyarakat yang merasa ‘diuntungkan’ dengan situasi seperti ini.

Perubahan cuaca yang ekstrim seperti ini, tentu akan mempengaruhi keseimbangan keadaan kesehatan bagi beberapa orang yang sensitiv, terutama yang kondisi kesehatannya kurang fit. Banyak orang yang sudah memeriksakan diri karena terserang ISPA, dan tidak sedikit pula mereka yang sesak karena asmanya kambuh. Belum lagi alergi yang muncul karena pengaruh cuaca serta gangguan saluran pencernaan. Beberapa penyakit yang disebabkan virus juga dikeluhkan masyarakat.

Dalam situasi seperti ini sebaiknya kita lebih menjaga kondisi kesehatan agar tetap stabil dengan melaksanakan pola hidup sehat dan menjauhi segala hal yang mengancam kesehatan. Menghindari atau meminimalisir terpaan cuaca secara langsung bisa lebih menjaga kondisi kesehatan. Sangat dianjurkan mengurangi interaksi dengan yang sedang terserang penyakit khususnya ISPA. Menjaga makanan yang kita konsumsi se higienis mungkin, serta tetap beraktivitas namun tidak terforsir. Semoga kita selalu sehat.

abk