Hujan Lebat Tetap Sehat

Bulan Februari telah lewat, dan kita telah memasuki 10 hari pertama di bulan Maret 2017. Namun keadaan cuaca masih belum bisa diprediksi dengan akurat, bahkan cenderung berubah secara ekstrim. Padahal dalam kondisi normal, saat memasuki bulan Maret cuaca sudah mulai menghangat.

Seperti halnya konsidi riil kemarin hari Selasa 7 Maret 2017, pada pagi dan siang cukup cerah walau berawan. Mendekati sore hari begitu cepatnya cuaca berubah menjadi gelap, yang akhirnya turun hujan. Hujan yang turun begitu lebatnya dan disertai angin kencang yang konon kecepatannya mencapai 50 km/jam, ternyata mampu menumbangkan beberapa pohon ke jalan raya, terutama disekitaran jl A Yani Surabaya. Bahkan ada kabar, ditemukan butiran es yang menyertai hujan lebat kemarin di Surabaya. Belum lagi kejadian longsor di Bogor serta banjir bandang di Bandung, juga tidak luput karena ekstrimnya cuaca saat ini

BMKG Juanda Surabaya telah memperingatkan bahwa keadaan cuaca minggu ini di beberapa wilayah Jawa Timur memang ekstrim. Keadaan cuaca masih belum menentu, begitu juga perubahannya terkesan sangat ekstrim. Dalam kondisi seperti ini, kita harus lebih menjaga stamina tubuh kita agar tetap seimbang dan tidak diserang beberapa penyakit yang menunggangi saat perubahan cuaca.

Makan tepat waktu merupakan modal utama menjadi sehat. Mengutamakan minum hangat serta seimbang antara aktivitas dan istirahat akan mendukung lebih sehat.

Apabila cuaca berubah ekstrim, sebaiknya kita menghindari berada di jalan yang penuh pohon besar ataupun sarana perlengkapan jalanan, seperti papan iklan dan semacamnya. Begitu juga tidak berada pada daerah yang sering banjir karena dikawatirkan begitu derasnya hujan, saat reda kita akan terkepung banjir. Semoga kita selalu sehat.