Depresi, Ayo Curhat

Oleh : dr achmad budi karyono

7 April ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Di era medsos ini dunia kesehatan mengangkat tema ‘Depression, Lets Talk’ yang diterjemahkan dalam bahasa gaul ‘Depresi, Yuk Curhat’.

Beberapa hari yang lalu banner ‘Yuk Curhat’ sudah membanjiri postingan di dunia medsos. Memang era saat ini milik ‘anak muda’ atau siapapun yang mampu mengakses komunikasi lewat medsos. Bahkan seakan tiada waktu atau celah kehidupan ini yang tidak terkait  atau mengaitkan dengan medsos. Termasuk bidang medis internasional dalam menyikapi komunikasi dengan masyarakat.

Maka tidaklah seseorang akan terperangah ketika membaca postingan di medsos yang begitu bebas, termasuk dalam hal pengobatan, yang terkadang kurang benar cara penafsirannya yang bisa mengakibatkan penyakitnya semakin memburuk. Karena setiap orang merasa berhak menulis dan memposting di medsos, atau setiap orang dengan mudahnya kopas apa saja yang diinginkannya.

Secara tidak langsung semakin banyak perubahan perilaku negativ pengguna medsos, bagi mereka yang kurang siap menyikapi dunia medsos. Hal ini bisa berdampak terjadinya depresi bagi sebagian orang yang kurang mampu beradaptasi. Tidak jarang juga timbul konflik di grup medsos ataupun di masyarakat bahkan berkembang sampai ke ranah hukum. Ini merupakan salah satu penyebab depresi di era medsos ini, selain berbagai masalah lain dengan kompetisi yang kian ketat saat ini.

Dalam situasi seperti saat ini, dunia medis cepat tanggap dengan mengangkat tema kesehatan global yang sesuai kondisi lapangan yaitu Depresi. Karena dengan depresi akan menguras angka produktivitas, dan tentunya akan mencuatkan anggaran pengobatan yang cukup mahal.

Dengan mengelola segala sesuatu dengan baik dan bijak, kehidupan sosial masyarakat akan terjaga dengan baik. Depresi dapat terhindarkan, sehingga segala interaksi di masyarakat akan berjalan dalam kondisi sehat. Dan jangan sampai diabaikan, mohonlah petunjuk pada Allah SwT sesuai QS Al Fatihah 1:5-6. Begitu juga tingkat produktivitas akan tercapai dan bisa melebihi harapan. Dengan demikian kesejahteraan dan kebahagiaan dapat diraih, depresi akan tereliminasi. Selamat Hari Kesehatan Dunia 2017. Semoga kita selalu sehat.