ka'bah

Makna Matahari Diatas Ka’bah

Hari ini Ahad 28 Mei 2017 matahari akan ‘melintas’ diatas Ka’bah. Dan ini merupakan perjalanan rutin dari matahari kita untuk menjauhi ataupun mendekati khatulistiwa. Dan karena maneuver alami itu pula terjadi perubahan musim tiap tahun secara rutin pula.

Di saat matahari pada posisi tepat diatas Ka’bah, bisa dimanfaatkan untuk menentukan arah kiblat dengan akurasi yang tepat. Itulah pentingnya ilmu astronomi sebagai penunjang beribadah. Karena posisi matahari memang bisa dengan mudah dihitung atau ditentukan dengan ilmu astronomi, termasuk juga posisi bulan. Dalam hal ini menentukan kapan mulai muncul hilal serta kapan purnama akan tiba. Allah SwT sudah membekali dan menuntun kita melalui ilmu pengetahuan khususnya astronomi dan semua fenomena alam itu sebagai sarana ibadah, seperti kandungan makna dalam QS Yunus 10:5.

Nanti saat sholat dhuhur di Masjidil Haram pada pk 12.21 waktu Mekah atau pk 16.21 WIB matahari tepat melintas diatas Ka’bah. Pada saat itulah kita bisa menandai bayangan matahari sebagai arah Ka’bah yang menunjukkan arah kiblat sholat kita.

Itu merupakan salah satu cara menentukan arah kiblat sholat kita. Namun sebenarnya di era digital saat ini, hampir semua orang sudah mengantongi perangkat penentu kiblat. Tidak perlu menunggu setahun dua kali saat matahari melintas diatas Ka’bah. Karena di setiap smartphone yang kita kantongi, tersedia aplikasi muslim yang biasanya berisi waktu sholat disertai arah kiblat. Jadi dimanapun dan kapanpun kita bisa menentukan arah kiblat dengan menggunakan HP yang kita genggam kemana mana.

Semoga kita selalu sehat.