Sinergi dengan Lingkungan Hidup

Interaksi dengan sekitar kita, tetangga kita, sanak saudara kita atau siapapun akan selalu kita lakukan. Lingkungan sekitar kita memegang peran utama dengan beragam dampak yang bergantung pada perlakuan kita terhadapnya. Keadaan alam yang ada atau apapun yang terhampar sekitar kita juga sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Alam sekitar akan ‘berlaku’ baik pada kita apabila kita juga memperlakukan dengan benar serta merawatnya secara berkesinambungan dan memanfaatkan dengan wajar tanpa kesewenangan terhadapnya. Namun sebaliknya keadaan sekitar kita akan menjadi boomerang, menjadi ancaman bagi kita ketika kita salah urus terhadap alam atau lingkungan sekitar kita.

Hari ini 5 Juni 2017 diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup sedunia, dengan tema ‘Connecting people to Nature’, yang bertujuan mengingatkan kepada kita semua agar selalu peduli terhadap keberadaan serta kelestarian terhadap lingkungan dengan seharusnya dan sewajarnya secara berkesinambungan. Apabila kita salah urus pada lingkungan yang ada, bencana akan melibas kita.

Salah satu contoh lingkungan disekitar kita yang terkait dengan kesehatan. Kalau kita kurang bisa mengurus dengan benar akan menjadi sumber penyakit pada kita semua. Sudah banyak penyakit yang merenggut banyak jiwa yang disebabkan kurang terurusnya lingkungan dengan wajar dan benar. Dan beberapa penyakit menular yang sering menimbulkan Kejadian Luar Biasa, diawali karena ketimpangan dari lingkungan hidup yang kurang atau tidak terurus.

Maka diharapkan dengan adanya hari peringatan ini, kita semua semakin lebih peduli terhadap kemapanan lingkungan hidup sekitar kita sehingga kita bisa berinteraksi secara sehat, keduanya saling mendapat manfaat atau simbiosa mutualisme, dan dijauhkan dari bencana yang ditimbulkan karena salah urus. Dan yang paling penting tidak menimbulkan dampak terhadap kesehatan pada masyarakat luas.

Dengan berinteraksi positive dan saling hidup harmoni dengan apapun disekitar kita, sehingga saling mendukung kehidupan satu dengan yang lain dan memberi manfaat, lingkungan sehat akan tercipta. Dampak yang merugikan dan menimpa kehidupan manusia akan tersingkirkan. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memperlakukan semuanya dengan wajar secara berkesinambungan. Semoga kita selalu sehat. (Abk)