Solat Idul Fitri 1438H Yang Sejuk

Panitia Solat Ied jl Teuku Umar pada Hari Raya Idul Fitri 1438H merasa lebih beda dari biasanya. Jauh sebelum ramadhan takmir Masjid at Taqwa sebagai induk dari panitia sudah menetapkan 1 syawal 1438H bertepatan pada 25 Juni 2017. Persiapanpun telah direncanakan dengan menambah sof di halaman masjid dengan hamparan terpal kuning untuk para jamaah putra.

Cuaca pada akhir akhir ini memang berbeda karena sulit diprediksi dengan akurat. Walau sudah memasuki bulan Juni, hujan masih sering datang dengan tiba tiba dan sering juga cukup deras. Hal ini juga terjadi pada tanggal 24 Juni sore hari selepas ashar, mendung cukup gelap datang dengan mendadak dan disusul hujan yang cukup lebat. Tentu saja hal ini sempat membuat khawatir beberapa panitia yang menyiapkan peralatan elektronik yang rentan air.

Namun sebagian besar panitia mengambil hikmahnya bahwa hujan ini membantu menyingkirkan debu dari jalanan serta membilasnya agar para jamaah solat ied lebih nyaman dan khusu’. Dan alkhamdulillah hujan tidak berkepanjangan, menjelang maghrib sudah reda dan semua panitia lega.

Selain persiapan solat ied selepas maghrib panitia juga sudah mengawali takbiran ditempat yang dipusatkan di Masjid at Taqwa jl Tueku Umar 48 Bojonegoro. Takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438H dikumandangkan sampai menjelang tengah malam.

Seusai solat subuh persiapan solat ied rampung dan pk 05.00 jamaah sudah mulai hadir. Alkhamdilillah cuaca sangat bersahabat, cukup sejuk, tidak hujan dan hanya sedikit mendung. Inilah salah satu hikmahnya. Sore hari sebelumnya sudah dibersihkan dan dibilas dengan hujan sehingga debu sirna. Pagi keesokan harinya mendung sehingga udara kawasan Teuku Umar sejuk serta suasana solat ied sangat nyaman. Hal ini membawa hikmah pada para jamaah yang enggan untuk meninggalkan solat lebih awal. Sehingga sampai usai khotbah para jamaah baru berdiri dengan serentak.

Jamaah solat ied tampak memenuhi jl Teuku Umar sepanjang sekitar 200 meter mulai dari depan Masjid at Taqwa hingga perempatan depan Kantor Pajak dan bahkan jamaah putrid sampai meluber di halaman Kantor Pajak. Para jamaah mengikuti solat ied dengan khusu’ yang di imami oleh ustad H Syamsul Huda MPdI mundir PP MBS al Amin Bojonegoro, serta dengan khidmat menyimak khutbah ustad Drs HA Mahpud MPdI dari Malang. Semua jamaah solat ied seakan terpana dan tidak beranjak untuk mendahului pulang. Semoga hal ini merupakan salah satu tanda ujian Ramadhan meraka ‘lulus’ dan menjadi orang yang muttaqin. Semoga kita selalu sehat. (Abk)