Catatan Umroh Sya’ban 7

Jum’at di Masjidil Haram

Alkhamdulillah jamaah umroh bisa menikmati solat Jum’at di masjidil Haram karena baru akan ‘hijrah’ ke Madinah hari Sabtu setelah dhuha. Para jamaah umroh tidak menyia nyiakan kesempatan emas ini dan semua bertekad untuk solat Jum’at di masjid yang pahalanya senilai 100.000 kali dari masjid lain. Disarankan untuk bisa datang ke masjidil Haram lebih awal mengingat membanjirnya jamaah umroh di akhir Sya’ban mendekati Ramadhan ini.

Sejak pk 09.00 jamaah sudah mulai bersiap berangkat ke masjidil Haram. Setiba di depannya tampak sudah banyak jamaah lain juga berusaha untuk memasuki masjidil Haram. Para jamaah putri mencari tempat yang disediakan khusus untuk jamaah putri agar tidak ada ‘pengusiran’. Karena tidak sedikit jamaah belum mengetahui lokasi mana saja yang disediakan untuk jamaah putri.

Kami patut bersyukur karena masih bisa menempati bagian masjid terdepan tetapi bukan di mataf. Tetapi tidak sedikit pula jamaah yang mengambil tempat di mataf sekeliling Ka’bah. Padahal saat itu sinar matahari cukup menyengat dan hanya sebentar saja tertutup awan yang lewat.

Semakin mendekati waktu solat dhuhur semakin banyak jamaah berdatangan. Namun pada umumnya jamaah agak ‘enggan’ mengisi mataf karena memang benar benar panas menyengat. Banyak jamaah yang memenuhi seluruh sudut masjidil Haram mulai lantai basement dan seluruh lantai kecuali lantai teratas. Namun kalau musim haji lantai terataspun akan terisi jamaah. Bahkan jalanan sekitar masjidil Haram juga dipenuhi jamaah yang datangnya belakangan.

Waktu dhuhur tiba, khutbahpun di mulai semua jamaah menyimak dengan khidmat. Dan ketika khutbah usai dan akan di mulai solat Jum’at banyak para jamaah yang maju ke mataf walau matahari tetap menyengat namun lantai mataf tetap sejuk, sehingga mataf juga cukup banyak terisi jamaah.

Solat Jum’at dilakukan dengan khusu’ dan setelah berakhir para jamaah menyudahi dengan tenang pula. Ada yang langsung towaf, ada yang solat sunah, ada pula yang meninggalkan masjidil Haram setelah sekitar 3-4 jam berada disana melaksanakan ibadah Jum’at. Semoga kita selalu sehat. (Abk)