Pramuka Membangun Karakter Bangsa

14 Agustus Hari Pramuka

Kegiatan para muda yang membentuk salah satu karakter positiv adalah Pramuka. Pernah juga Gerakan Pramuka ‘diwajibkan’ menyatu dengan kurikulim sekolah. Dan saat itu setiap Jum’at para siswa diwajibkan berseragam Pramuka.

Kegiatan Pramuka memang sangat mendukung pembentukan manusia yang kreativ serta mandiri. Namun tetap tidak meninggalkan kehidupan sosial yang erat. Gerakan Pramuka yang menyatu dengan kehidupan sekolah akan berimbas dan mendukung inspirasi dan kreativitas disetiap mata ajaran bahkan di dalam kehidupan bersosial sehari hari. Terlebih lagi kalau bisa melaksanakan ‘nafas’ Dasa Dharma Pramuka, kehidupan bersosial akan semakin baik.

Beberapa tahun terakhir gaung Pramuka memang seakan sirna yang ternyata juga mengusik kehidupan sosial diantara siswa dan para remaja. Bahkan sempat muncul ego invidual yang cukup dominan. Generasi muda seakan menganggap bahwa pramuka sudah kuno, tidak sesuai dengan kehidupan yang serba online. Dan mereka lebih mengutamakan ‘bermain’ game yang serba IT dan sekian banyak aplikasi sekaligus melupakan kehidupan Pramuka.

Dengan maraknya gelar Pramuka pada beberapa hari ini atau pastinya hari ini, generasi muda penerus bangsa lebih banyak diuntungkan. Kehidupan sosial semakin baik dan terarah, kreativitas semakin berkembang. Dan bahkan seakan tidak perlu mengadakan outbond lagi. Karena di dalam kurikulum kepramukaan sudah terangkum aneka macam outbond dan sangat mendidik serta sangat bervariasi mendukung pembentukan karakter bangsa yang mandiri. Kehidupan Pramuka bisa bersinergi dengan kehidupan masa kini yang serba online, dan hasilnya akan semakin positiv mendukung kehidupan sosial yang sehat.

Salam Pramuka. Semoga kita selalu sehat. (Abk)