Liputan Haji KBIH Masyarakat Madani 2017-18

muslim bersaudara

Oleh : Khusnatul Mawaddah *)

Kajian pagi ini ketua rombongan ustd H Ihwanudin menceritakan kisah di jaman kholifah Umar bin Khottob. Ada seorang pemuda berjalan bersama, kudanya lalu kecapaian dan berhenti istirahat. Kudanya ditambatkan di bawah pohon, namun kuda tersebut terlepas dan memakan tanaman orang, kontan saja yang punya tanaman marah dan seketika kuda tersebut dibunuh.

Saat pemuda tersebut bangun ditemukan kudanya sudah terbunuh, seketika itu juga si pemuda ganti marah-marah dan membunuh bapak yang telah membunuh kudanya. Tak lama anak dari bapak yang telah dibunuh oleh pemuda tersebut meminta pertanggung jawaban pada pemuda yang membunuh bapaknya. Akhirnya diadililah pemuda tersebut, sebelum hakim memberi keputusan, pemuda tersebut ijin ke majelis hakim untuk menemui istri dan anaknya, namun majelis hakim melarang karena dikhawatirkan pemuda tersebut tidak kembali, pemuda tersebut terus meminta mejelis hakim untuk memperbolehkan pulang sebentar menemui keluarganya sebelum dihukum.

Tak disangka ada seorang sahabat yang sanggup menjadi jaminan pemuda tersebut, sahabat yang baik hati tersebut bernama Abu Dzar Alghifari, dia meyakinkan majelis hakim untuk mengabulkan permintaan terakhir pemuda tersebut. Jika khianat dialah sebagai pengganti pemuda tersebut atas hukumannya. Tak disangka seluruh anak-anak dari ayah yang terbunuh memberi apresiasi dan mengihlaskan perbuatan pemuda tersebut, dan kagum dengan akhlaq Abu Dzar Alghifari, betapa dia mau berkorban demi saudaranya seiman meskipun nyawa sebagai taruhannya.

Begitulah pencerahan pagi oleh ketua rombongan KBIH Masyarakat Madani untuk jamaahnya. Sebagai spirit wujud nyata ketaqwaan kita terhadap Allah, seperti kata rosul dalam hadistnya, Almuslimu Akhul Muslim, sesama muslim adalah bersaudara, selagi ada di Masjidil Harom bertemu dengan saudara sedunia, tak ada salahnya saling bertegur sapa, meski hanya seulas senyum. Syukur saling berkomunikasi karena pasti ada hikmah dibalik kita bertemu saudara sedunia sesama muslim.

Semoga kita selalu sehat.

*) Jamaah Haji KBIH Masyarakat Madani