jabal Tsur

Liputan Haji KBIH Masyarakat Madani 2017-12

uul2

Oleh : Khusnatul Mawaddah

Makkah menawarkan banyak pesona kisah jejak nabi, hari ini 15 Agustus 2017 jam 06.30 menit rombongan KBIH Masyarakat Madani mengajak seluruh peserta untuk keliling ziaroh atau berkunjung, mulai dari Hudaibiyah, gua Tsur, jabal Rohmah, jabbal Nur atau gua Hiro’, Mina serta Arofah selama 4 jam. Kita kunjungi tempat-tempat bersejarah yang dituangkan dalam al Quran. Semua tempat tersebut terdiri dari pegunungan yang tinggi dan berbatu. Bisa dibayangkan ketika Rosulullah dikejar orang kafir Quraisy yang ingin membunuh baginda Rosul dan¬†bersembunyi di gua Tsur yang berbatu dan tinggi. Hampir saja Rosulullah tertangkap dan dibunuh, namun atas pertolongan Allah ada sarang laba-laba yang memenuhi pintu gua, akhirnya mereka orang kafir Quraisy tidak jadi masuk gua. SubhanAllah kisah yang menegangkan.

Saat nabi Muhammad menerima wahyu pertama kali di gua Hiro’ yang disampaikan oleh malaikat Jibril, kemudian nabi Muhammad gemetar panas dingin dibantu Siti Khotijah mendekap beliau, adapun ayat yang pertama kali turun adalah surah al-‘Alaq yang maknanya kita diperintahkan untuk membaca dengan menyebut nama Allah.

Membaca memang cendela dunia, tanpa membaca cahaya Allah tidak akan turun dalam hati manusia. Membaca merupakan nutrisi terbaik otak manusia, karena sel-sel otak manusia akan saling terhubung dan berkembang produktif. Manusia diberi kesempatan untuk menikmati udara segar, lingkungan yang kondusif sepatutnya bersyukur, karena masih banyak saudara kita yang negaranya tidak aman. Membaca juga aktifitas yang tidak memakan biaya, murah dan menyenangkan, kita bisa dialog dengan buku. Bacaan yang terbaik pertama untuk kita adalah Al Qur’an, namun sangat banyak manusia tidak menyadarinya. Dalam Al Qur’an segala macam ilmu pengetahuan ada dan lengkap. Itulah sekelumit kisah Rosullah dalam menyampaikan wahyu yaitu pesan pertama Allah dengan perintah ‘bacalah’.

Kemudian, rombongan kita diajak naik ke jabbal Rohmah, yaitu puncak gunung dengan kisah bertemunya manusia pertama nabi Adam dan Hawa yang turun dari syurga setelah terpisah lama karena tergoda memakan buah khuldi rayuan dari iblis. Dari Adam lahirlah manusia-manusia keturunan Adam termasuk kita, semua kisahnya bisa dibaca lengkap didalam Al Qur’an.

Rombongan 3 bus usai mengunjungi tempat-tempat bersejarah tersebut jadi semakin mengerti betapa beratnya tugas dan perjuangan nabi Muhammad saat itu. Tinggal kita mau bersaksi dan meneladani karakter kerosulan Muhammad.

Semoga kita selalu sehat.