bcia

Kisah Lain dari Jalur Sutra 24

Nyenyak sekali semalam setelah seharian berkelana menjelajahi peninggalan sejarah yang hampir dikenal setiap orang, Great Wall dengan perjuangan yang cukup mencemaskan juga. Apalagi perut kami cukup kenyang pula menjelang waktu tidur. Sehingga setelah solat subuh kami langsung menyiapkan keberangkatan ke bandara Beijing Capital International Airport.

Belum ada kemacetan saat meluncur ke bandara yang cukup jauh sekitar 30 km, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Begitu juga saat boarding kami tidak mengulangi lagi untuk selfi atau berfoto ria. Karena ketika tiba di Beijing seminggu yang lalu, kami sempat di tegur keras oleh polisi bandara atau petugas imigrasi saat kami selfi dan foto, diperintahkan untuk menghapus. Masih untung smartphone kami tidak diperiksa atau mungkin disita, ya sudahlah memang peraturannya seperti itu, kami kan sebagai tamu harus tahu diri.

Tidak ada kendala saat pemeriksaan imigrasi, semuanya lancar. Dan kami segera menuju pesawat, kali ini kami menempati kelas ekonomi tidak seperti saat keberangkatan, kami mendapat seat di kelas bisnis. Karena menumpang AirAsia kamipun pesan makanan nasi lemak dan makanan khas Malaysia yang lain. Dan seperti biasa kamipun saling merasakan bagi yang menginginkan. Itulah salah satu enaknya bepergian dengan rombongan keluarga.

Sekitar 6 jam perjalanan sampailah kami di mandara KLIA 2. Urusan imigrasi lancar dan di bandara sudah ditunggu kemenakan kami yang bekerja disalah satu maskapai. Setelah beberapa saat kami rehat di sebuah cafe, kami melanjutkan perjalanan ke rumah sahabat kemenakan yang di Belanda yang sekarang bekerja dan berdomisili di Subang Jaya dekat Kuala Lumpur.

Kami telah bertemu dan bersilaturrakhim dengan sahabat itu seminggu yang lalu saat kami akan bertolak ke Beijing, dan mempersilakan untuk tinggal di rumahnya walau beberapa hari yang lalu sahabat itu sedang pulang ke Indonesia. Rumah yang dijaga ‘rewang’nya yang juga berasal dari Indonesia itu hanya bekerja sampai sore dan tidak menginap. Semua fasilitas dan keperluan untuk beberapa hari tinggal disitu sudah disediakan. SubkhanaAllah.

Rumahnya berada di kompleks perumahan dan apartemen. Dan kami tinggal di rumah yang cukup luas dengat fasilitas yang cukup bagus. Dan kami semua merasa nyaman dengan tinggal disitu karena tidak ada batasan menempatinya kecuali kamar utama. Sungguh suatu persahabatan yang kokoh. Semoga kita selalu sehat.