reuni smp1 sidoarjo

Lansia Sehat dan Bermanfaat

Oleh : dr achmad budi karyono

Lansia sebutan lain dari warga lanjut usia khususnya di Indonesia, yang usianya diatas 60 tahun. Untuk mengingat jasa para lansia masing masing, Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional sejak tahun 1996. Saat ini pemerintah juga telah menetapkan pelayanan kesehatan Lansia yang terangkum dalam Program Nasional yang diakomodasi sebagai salah satu syarat lulusnya akreditasi Rumah Sakit yang merupakan ketentuan KARS dan Kemenkes.

Kehidupan lansia memang unik terkait dengan bagaimana ragam karakteritasnya sebagai insan yang sebelumnya berkarya dibidang masing masing. Banyak macam komunitas yang terbentuk sesuai dengan prestasi ketika beliau beliau ini produktivitasnya masih tinggi.

Banyak mereka yang masih sehat dan produktiv, namun tidak sedikit pula yang terbelenggu karena kesehatannya menurun, bahkan cenderung menjadi ‘beban’ yang lain.

Hari peringatan ini mengajak kita semua untuk ‘mempersiapkan’ kelak menjadi lansia, selain setiap warga juga ‘berkewajiban’ peduli terhadap lansia.

Sebaiknya setiap lansia mempunyai komunitas yang kontruktiv, apapun bentuk dan kegiatannya, agar setiap anggota merasa terhibur dan merasa selalu bermanfaat bagi yang lain. Karena sebagai makhluk sosial, apalagi diusia lanjut, akan merasa terbuang ketika kurang atau tidak ada yang memperhatikan. Lebih lagi kalau sebelumnya sebagai seorang pimpinan atau tokoh penting yang tiba tiba lepas dan kurang mempersiapkan diri menjadi anggota masyarakat biasa. Secara psikologi kita kenal sebagai post power syndrome, tidak sedikit yang mengalami hal demikian.

Komunitas yang diikuti cukup dengan olah raga ringan atau senam, bahkan sudah diciptakan senam lansia. Atau bagi yang kesehatannya terganggu, misal diabet, bisa bergabung dengan sesama diabetisi atau masih banyak lagi melakukan hal positive dan bermanfaat  bagi masyarakat. Kuncinya, harus bersosialita saling berkomunikasi, berinteraksi, apalagi kalau tetap bisa berkarya.

Semua insan masih harus selalu belajar, berjuang  dan berkarya sampai akhir hayat. Menjaga pola hidup sehat sejak belia dengan menjaga makanan dan berolah raga, insyaAllah akan terjaga di masa lansia nanti. Semoga kita selalu sehat.