kecerdasan

Lintas Mutiara 5

Kecerdasan

Oleh : BundaSriMin

Kecerdasan dapat diartikan dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, mengelola diri menyesuaikan pada lungkungan dan motivasi melakukan pendekatan pada nilai kebenaran. Kecerdasan seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor biologis (keturunan), lingkungan, kebebasan dan kematangan diri.

Kecerdasan secara umum dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

Kecerdasan  intelektual, kemampuan berpikir kritis, efektif, dan cepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dapat terlihat pada sikap seorang yang dengan cepat tanggap tepat dalam mengambil suatu keputusan serta memberi solusi pada suatu permasalahan.

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengelola perasaan cinta, simpati, empati, motivasi diri sendiri dan orang lain, serta kemampuan menyesuaikan diri pada suatu situasi dengan tepat. Dapat terlihat pada kepribadian seseorang yang menyenangkan, penuh simpati dan kehadirannya selalu dirindukan.

Kecerdasan spiritual sebagai kemampuan menumbuhkan kedekatan diri pada suatu nilai kebenaran. Kecerdasan ini ditandai dengan semakin arif, bijaksana, ketaatan yg kuat pada aturan dari Sang pencipta, berusaha meminimalkan suatu kesalahan.

Kecerdasan masing-masing orang berbeda, Kecerdasan bisa kita upayakan, dengan cara melatih diri, membuka hati, pikiran dan wawasan.

Semoga di bulan Ramadhan 1439 H ini dapat kita jadikan momentum untuk meningkatkan kecerdasan kita semua, karena segala profesi dalam menjalankan kehidupan sangat membutuhkan orang-orang yang cerdas.

Ya Allah, ampunilah kekhilafan kami, aamin. Semoga kita selalu sehat.