Lintas Mutiara 14

Ujian

Oleh : BundaSriMin

Ujian adalah proses evaluasi kenaikan tingkat, derajat, kelas dan pangkat manusia. Bentuk ujian masing masing manusia berbeda beda.

Pelajar harus mengikuti ujian sekolah atau madrasah agar dinyatakan lulus dan bisa naik tingkat ke jenjang berikutnya. Begitu juga untuk profesi yang lain, tentu saja mempunyai standart dan nilai kompetensi yang telah ditentukan dan disepakati yang harus dilewati.

Ada orang yang di uji dengan kekurangan ekonomi, tetapi memiliki keluarga yang saling menyayangi. Ada yang diuji dengan kemapanan ekonomi, tetapi tidak memiliki keturunan. Dan masih banyak variasi serta ragam yang lain dan setiap individu mendapat materi uji berbeda.

Sesungguhnya kehidupan di dunia ini adalah proses ujian dan sebuah ujian tidak harus susah atau menyedihkan. Tidak jarang juga seseorang diuji dengan kemapanannya, dengan penuh kesenangan dan berlimpah materi. Namun apakah kita dapat menjalani dan mensyukuri ujian itu dengan baik atau tidak, pilihan ada pada diri sendiri. Kemenangan, kelulusan dan derajat ketaqwaan akan diperoleh bagi siapa saja yang dapat melewati ujian dengan baik.

Sebenarnya Allah SwT telah berpesan kepada kita semua terkait ujian ummatnya di setiap lini kehidupan yang salah satunya terdapat didalam QS Al Baqarah 2:155. Dan kunci utama untuk menghadapi segala ujian adalah kesabaran. Kalau seseorang bisa sabar dalam menjalani ujian, insyaAllah lulus. Selain itu harus selalu berusaha dan berdoa pada Sang kuasa sebagai cara menjalani ujian.

Momen yang paling tepat untuk sukses dalam ujian dan sabar adalah saat ini, melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan 1439H yang penuh barokah.

Ya Allah, ampunilah kekhilafan kami, aamiin. Semoga kita selalu sehat.