lebaran1

Hikmah Lebaran

Hari Raya Idul Fitri atau sering disebut Lebaran memang Hari Raya umat muslim, yang tentu saja juga dirayakan umat muslim. Dan setiap tahun diawali dengan bulan Ramadhan yang penuh barokah. Sehingga Hari Raya juga dikenal sebagai hari Kemenangan.

Namun ternyata Lebaran bukan hanya ‘milik’ umat muslim saja, tetapi milik semua manusia. Terutama yang pandai menangkap peluang yang saling menguntungkan dan saling memberi manfaat. Bahkan ‘mbah’ google pun ikut meramaikan, secara khusus memajang doodle edisi Lebaran, Mudik.

Sebelum Lebaran tiba diseluruh negeri ini akan ‘dilanda’ mudik, yang urusannya sangat kompleks. Baik urusan pemerintahan yang melibatkan semua instansi, apalagi urusan swasta yang mencakup semua sektor. Tidak terkecuali seluruh unsur masyarakat baik muslim ataupun non muslim.

Hal ini terlihat dalam suasana Lebaran di seluruh negeri ini, begitu halnya di Denpasar. Kota dengan masyarakat yang beragam bahkan bisa dikategorikan sebagai kota internasional dengan umat muslim minoritas, memetik hikmah Lebaran.

Roda perputaran finansial sangat cepat dan dinamis serta dilakukan semua lapisan masyarakat, mulai terbawah sampai serba orang nomor satu. Dan semuanya dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat, bukan ‘monopoli’ kaum muslim saja. Disinilah sektor bisnis sangat hidup, bahkan minimal sejak sebulan sebelum Lebaran. Dan para pelaku bisnis sangat ‘menikmati’ dengan adanya Lebaran melebihi bahkan berlipat ganda dari hari sebelumnya.

Inilah salah satu hikmah Lebaran yang memberi manfaat pada seluruh masyarakat atau secara umum seluruh kehidupan muslim sebagai rakhmatan lil alamin. Semoga kita selalu sehat. (Abk)