toya devasya3

Toya Devasya, The Main Destination in Bali

Oleh : Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak.,C.A. *)

toya devasya4

Kintamani dapat dikatakan sebagai satu dari sekian banyak tempat terindah yang ada di Bali. Keramahan wisata alam Kintamani sangat membekas pada benak wisatawan hingga ikut dipopulerkan oleh penyanyi dangdut terkenal yaitu Nella Karisma dengan judul “KINTAMANI” –“kintamani dadi langgananku, saben aku lan koe ketemu”. Kintamani menjadi langgananku, setiap aku dan kamu bertemu, seperti itulah kira-kira artinya. Jika ke Kintamani, maka sudah menjadi kewajiban untuk mandi air segar hangat dari mata air (Bali’s best healing natural hot spring) yang menyehatkan yaitu di Toya Devasya.

Toya Devasya sendiri berarti air anugerah Sang Pencipta Alam Semesta. Seperti berada di taman air surga, inilah kira-kira kalimat untuk menggambarkan keindahan kolam pemandian air panas Toya Devasya. Airnya segar menyejukan dan nikmat memanjakan tubuh yang berendam. Kolam pemandian air panas Toya Devasya sangat sangat bagus untuk terapi kesehatan dan pemandangan yang sangat mengagumkan sekali. “Sangat mengagumkan”, kata pertama yang terucap ketika berendam di kolam pemandian air panas Toya Devasya. View yang rasanya tidak cukup jika hanya dideskripsikan dengan kata-kata. Betapa tidak, kolam ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat luar biasa. Di depan kolam terlihat jelas kemegahan gunung Abang, dari belakangnya terdapat gunung Batur, posisi kolam juga sangat stategis yaitu di pinggir danau Batur yang di kelilingi perbukitan Kintamani. Can you imagine!

Berdiri sejak 1998 dan semakin eksis sampai menjadi deretan teratas tempat wisata populer di Kintamani. Perkembangan Toya Devasya sangat pesat. Hingga menduduki julukan  “the main destination” dikalangan wisatawan asing dan domestic. Saat ini tercatat 98% pengunjungnya adalah turis asing. Toya Devasya bak bunga yang sangat indah sedang mekar berseri yang harus segera dikunjungi. Banyak keunggulan yang terus menerus diperbaiki demi kepuasan para wisatawan. Ditangan dingin I Ketut Mardjana-lah revenue Toya Devasya naik berlipat-lipat setiap tahunnya. Tentunya dampak ekonomi multiplier effect juga mengalir ke seluruh penduduk yang berada di sekitar Toya Devasya. Sebelum dibangun Toya Devasya, daerah ini seperti terisolir. Indah namun tidak banyak yang tahu dan hampir tidak ada yang mengunjungi. Toya Devasya memberikan anugerah bagi semuanya, masyarakat terangkat ekonominya dan turis atau wisatawan menjadi sehat setelah berwisata di Toya Devasya.

Toya Devasya Culinary

toya devasya2

Ide kreatif life cooking yang diusung Toya Devasya juga menjadi daya tarik tempat ini. Tidak kehabisan akal, cara ini juga menjadi salah satu alasan ketertarikan wisatawan terhadap Toya Devasya. Banyak ragam masakan yang dapat dijumpai di depan mata meliputi chinese foods, European foods, Indian hingga vegetarian. Tak ketinggalan kuliner nusantara pasti juga terdaftar pada menunya, yang teristimewa adalah berbagai masakan dari ikan Nyat-Nyat. Ikan ini sejenis ikan bader yang sangat manis daging dan segar rasanya.

Untuk bersantai, Toya Devasya juga memiliki coffee house yang cocok menemani obrolan ringan para wisatawan.

Dengan service yang sangat baik serta kelengkapan fasilitas tersebut, maka wisatawan akan mendapat kesehatan, keindahan alam, serta kepuasan travelling yang tidak terlupakan. Untuk itu pula sangat pantas jikaToya Devasya dijuluki “the main destinasion” oleh para wisatawan.

Camping Resort

Mengusung konsep back to nature, setelah lelah melalukan wisata kanoe-mendayung perahu kanoe di danau Kintamani, bersepeda atau berlari melintasi hutan, maka kita bisa memilih penginapan berbasis alam, memilih villa atau camping resort. Toya Devasya sangat ahli memilih ide menarik dalam hal penginapan, mengusung konsep alam (back to nature) berupa tenda menjadikannya pilihan utama bagi pecinta alam. Tidak hanya pencinta alam, para wisatawan yang awam juga dapat merasakan pengalaman seru karena penataannya sangat nyaman. Tenda yang ditawarkan antara lain executive tent yang dilengkapi dengan spring bed, bed cover dan table lamp, kemudian regular tent yang dilengkapi matras dan sleeping bag.

Jangan khawatir bagi yang kurang berminat tidur didekat dengan alam bebas, Toya Devasya juga memiliki beragam villa yang sangat exclusive. Tidak hanya itu, Toya Devasya juga menyuguhkan fasilitas pelengkap dengan konsep spa yaitu Ayurvedic berupa spa massage, yoga, meditasi dan aquaribic. Konsep spa Ayurvedic ini benar-benar menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh. Ini akan menjadi liburan yang luar biasa istimewa dan menyehatkan. Selamat berkunjung dan selamat berlibur.

Semoga kita selalu sehat.

toya devasya5

*) Dosen Akuntansi UPNVY dan Kepala Pusat Penelitian UPNVY