wedang uwuh

Wedang Uwuh, Jamu Enak Khas Yogyakarta

Oleh : Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A.*)

Di mancanegara, Jamu sangat terkenal sebagai obat tradisional dari Indonesia yang secara umum juga disebut sebagai herba atau herbal Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan herbal seperti akar, daun, kulit batang dan buah.

Jamu terkenal dengan rasa pahit sehingga biasanya perlu ditambah gula batu atau madu sebagai pemanis agar rasanya lebih dapat ditoleransi oleh peminumnya. Bahkan orang-orang terdahulu ada pula yang menambahkan anggur sebagai pengurang rasa pahit dan penghangat tubuh.

Namun saat ini pandangan masyarakat terhadap jamu yang memiliki rasa pahit dan tidak enak sedikit berkurang dengan adanya Wedang uwuh yang mulai dikenal dan digemari banyak orang. Wedang dalam bahasa Jawa berarti “minuman” dan uwuh berarti “sampah”. Meskipun memilki arti yang terkesan tidak menarik, tetapi minuman ini memiliki rasa manis dengan sensasi panas rempah-rempah yang mampu menyehatkan tubuh.

Terkenal dengan julukan sampah, tidak membuat minuman ini kehilangan penggemar. Julukan sampah yang dimaksudkan berasal dari tumbuhan herbal atau rempah-rempah kering yang mengambang ketika diseduh. Ada banyak versi dalam komposisi wedang uwuh itu sendiri. Di Yogyakarta, wedang uwuh secara umum terdiri dari beberapa bahan rempah yaitu jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Komposisi bahan tersebut yang membuat minuman ini populer dan sangat baik bagi kesehatan. Selain dikenal sebagai minuman berkhasiat dari Yogyakarta, wedang uwuh yang tepatnya berasal dari Bukit Merak Imogiri Bantul ini juga terkenal sampai ibukota dan beberapa kota besa lainnya. Tak heran banyak orang yang memilih wedang uwuh untuk dijadikan buah tangan setelah berkunjung ke Yogyakarta.

Menilik dari komposisi bahan pembuatan wedang uwuh, tentu saja terlintas pertanyaan apa saja manfaat yang diperoleh jika meminum wedang uwuh ini. Manfaat wedang uwuh sangat beragam bagi kesehatan seperti menyembuhkan batuk ringan, pegal-pegal, perut kembung dan masuk angin, menurunkan kolesterol, sebagai anti oksidan, menyegarkan badan, menghilangkan capek-capek, melancarkan aliran darah, menyembuhkan dan mencegah masuk angin, serta dapat menghangatkan badan, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

Terlepas dari banyaknya manfaat wedang uwuh, alangkah baiknya juga memperhatikan sisi produksi dari pembuatan minuman ini. Masih banyak ditemukan salah satu bahan yang membusuk atau berjamur ketika masa penyimpanannya lebih dari 2 minggu. Tetapi tidak baik juga jika minuman berkhasiat ini diberi pengawet agar tahan lama. Untuk mengantisapasi hal tersebut alangkah baiknya membuat sendiri atau lebih teliti saat melakukan pembelian.

Semoga kita selalu sehat dan bahagia.

*) KetuaPusatPenelitian UPNVY