Lintas Mutiara 56

Berpikir

Oleh : BundaSriMin

Secara umum berpikir dapat diartikan berkembangnya ide gagasan dan konsep (pemahaman, pengertian dan perencanaan). Manusia memiliki akal  untuk digunakan  berpikir tentang apa yang seharusnya direncanakan, dilakukan yang diawali proses perenungan dari berbagai pengalaman. Inilah yang membedakan antara manusia dengan mahluk lain.

Sebagai pemimpin di muka bumi, manusia berpikir dengan matang sebelum mengambil keputusan, apakah pola pikir dan konsep hidup serta perilakunya akan menghasilkan kemaslahatan atau bahkan sebaliknya, yaitu memyebabkan bencana dan permasalahan.

Seorang pimpinan dalam mengambil keputusan dan tindakan harus mampu berpikir cerdas, diawali dengan kemauan mendengarkan keluhan atau nasehat, memahami ide apa yang sedang berkembang, maka keputusan yang diambil akan jauh lebih bijaksana bila di banding dengan kata pokok’e atau berangkat dari ego sendiri.

Dalam Islam kita dianjurkan untuk selalu merenungkan apa yang terlihat dan tidak terlihat, berpikir dari berbagai sudut pandang sebelum bertindak, agar termasuk orang beruntung dan selamat. Kemampuan  dalam berpikir yang benar, cerdas dan bijak akan menghasilkan perilaku hidup yang benar cerdas dan bijak pula, serta akan tumbuh kenyamanan bagi orang orang disekitarnya. Senantiasa menggunakan akal untuk berpikir sebagai bentuk syukur kepadaNya adalah keniscayaan bagi setiap manusia.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami,  aamiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.