Lintas Mutiara 69

Isi atau Kulit

Oleh : BundaSriMin

Bila diperhatikan, ada beberapa botol berukuran sama dengan isi yang berbeda akan memiliki harga atau nilai yang berbeda pula. Botol berisi air berbeda nilai dengan botol yang berisi jus atau madu. Botol berisi air nilainya lebih murah bila dibanding dengan botol berisi madu, biarpun ukuran atau volume botol sama.

Dalam kehidupan ini, kadang ada orang yang lebih mementingkan kulit, baju, pencitraan atau sekedar nama besar dibanding isi dan kualitas diri. Kulit, baju, citra, nama besar tidak bernilai apa apa bila tidak ada isi yang berkulaitas. Isi dan kualitas diri adalah kita sendiri yang menentukan, akan memiliki nilai atau tidak bernilai sama sekali.

Sesungguhnya yang menentukan kemulyaan seseorang adalah isi, kualitas keimanan, ketaqwaan, keilmuan dan kebermanfaatan pada banyak orang. Sedangkan jabatan, kekuasaan, kedudukan, nama besar, citra, gelar, pangkat adalah kulit akan tidak bernilai apa apa dan terbuang sia sia bila tidak dibarengi dengan kualitas keilmuan serta orientasi  ibadah kepadaNya.

Berusaha selalu meningkatkan isi atau kualitas diri sebagai keniscayaan bagi orang bertaqwa, karena akan ada penilaian dari isi kualitas diri yang paling benar jujur adil dariNya.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin. Semoga bermanfaat. Semoga selalu sehat.