heat stroke

Waspadai Suhu Tinggi di Saudi

Sampai saat ini sudah sebanyak 118 kloter Jemaah haji Indonesia telah tiba di Madinah. Sesuai dengan data Siskohat Selasa (24/7/2018) pukul 16.30 waktu Arab Saudi, tercatat 48.200 jemaah yang tergabung dalam 117 kloter tersebut. Dari sejumlah itu 510 orang diantaranya merupakan petugas yang menyertai Jemaah.

Sampai dengan saat ini lima di antara Jemaah yang tiba di Madinah dilaporkan wafat. Mereka jemaah berasal dari Jakarta, Gowa, Batang, Brebes dan Bandung.

Cuaca terik di Arab Saudi perlu dan harus diantisipasi dengan baik oleh Jemaah haji. Selain harus sering minum meskipun tidak terasa haus, Jemaah juga harus menghindari paparan langsung matahari. Harus lebih banyak beraktivitas di dalam hotel serta menggunakan pelindung diri baik payung dan sandal saat berada di luar.

Dengan suhu siang rata-rata 41 derajat celcius antara pukul 11.00 sampai dengan 18.00 WAS, Jemaah haji berpotensi dehidrasi dan heat stroke. Selain dengan banyak minum air da memakai pelindung diri, Jemaah haji juga disarankan sering menyemprot wajah dengan air dingin. Bila mengalammi gejala dehidrasi sebaiknya segera menghubungi petugas haji.

Semoga kita selalu sehat.

Sumber : Kemenag