Lintas Mutiara 111

Keberagamaan

Oleh : BundaSriMin

Keberagamaan atau sikap beragama adalah kesadaran diri seseorang untuk menjalankan ajaran agama yang diyakini, dan berusaha menjauhi larangannya. Keberagamaan seseorang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan, pemahaman, keilmuan dan pergaulan serta pengalaman hidup

Semakin luas pengetahuan seseorang tentang agamanya, pergaulannya, akan membuka cakrawala berpikir dan sikap toleransi. Semakin dalam pemahaman dan keilmuan seseorang tentang agamanya, maka manajemen dirinya, perilaku dan sikapnya cenderung lebih berhati hati, karena menyadari akan pertanggung jawaban tentang apa yang dilakukan, pada Sang Maha Pencipta.  Semakin banyak pengalaman, dan pelajaran yang dapat diambil hikmah oleh seseorang, maka akan memperkuat keimanan dan menambah rasa syukur padaNya.

Agar keberagamaan atau kesadaran diri dalam menjalankan ajaran agama semakin baik,  kuat, meningkat, yaitu dengan cara terus  belajar menambah pengetahuan, pemahaman ilmu agama, instrospeksi diri, berteman dan bergaul dengan orang orang yang dapat membantu  meningkatkan keimanan.

Selalu memohon padaNya agar dapat dan mampu menjalankan ajaran agama dengan istiqomah adalah suatu keniscayaan.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.