Lintas Mutiara 118

Perbedaan

Oleh : BundaSriMin

Allah menciptakan mahluk di dunia ini dengan berbagai perbedaan, tidak ada yang sama persis antara satu dengan yang lainya, ada yang berkulit putih, coklat, atau hitam.

Ada yang memiliki postur tubuh tinggi, besar, atau kecil, ada yang temperamental, atau penyabar, dan dari perbedaan itulah akan menghasilkan keserasian, yaitu kemampuan memadukan antara unsur satu dengan yang lainnya.

Apabila setiap manusia menyadari akan dirinya, dan mampu memadukan antara unsur jasamani, ruhani dan akal, itulah yang disebut dengan selaras yaitu mampu membangun hubungan yang dapat menciptakan kebahagiaan lahir batin.

Apabila manusia menyadari adanya kewajiban yang harus dijalankan sebagai seorang hamba, dan hak yang akan diterima, itulah yang disebut dengan keseimbangan, yaitu mampu menyamakan antara keduanya.

Adanya perbedaan bukan sumber permasalahan, tetapi dicari titik temu dan perlunya kecerdasan untuk menghasilkan keseimbangan, keselarasan dan keserasian dalam menjalani kehidupan menggapai kebahagiaan

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.