Lintas Mutiara 140

Ternyata

Oleh : BundaSriMin *)

Dengan bersepada onthel, seorang suami  membonceng istri dan dua anaknya terlihat sangat menikmati perjalanannya, bersamaan dengan turunnya hujan rintik rintik di tengah kota…

Pikirku…kasihan orang itu, bagaimana bila anak  mereka sakit atau masuk angin, karena kehujanan, atau bannya gembes kelebihan muatan.

Ternyata, mereka terlihat senang, ceria dan riang gembira serta bahagia. Terbukti menolak tawaranku untuk naik kendaraan bersamaku….

Dengan suara halus sang suami menjawab, “Terima kasih ibu, sengaja kami bersepa onthel agar anak anak dan istri bisa menikmati segarnya (banyu langit) air hujan”.

Ternyata, aku salah dalam menilai arti senang, gembira dan bahagia, awalnya aku berpikir bahwa bahagia itu mahal dan susah digapainya.

Ternyata, bahagia itu sederhana dan tidak harus mahal, cukup dengan bercerita dan bersendau gurau untuk melepaskan sejenak kepenatan yang ada.

Ternyata,  bahagia itu ketika dekat dan bersama dengan orang-orang yang kita cinta.

Ternyata, bahagia itu ketika kita mampu menerima kenyataan yang ada dengan lapang dada.

Ternyata, bahagia itu mudah dan tidak susah, karena semua sudah ada dalam hati kita yang selalu dan bisa dibawa ke mana-mana.

Ya Allah ampunilah kekhilafan  kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

*) DR Sri Minarti, Dekan Fak Tarbiyah IAI Suri Bojonegoro.