cermin kehidupan

Lintas Mutiara 132

Cermin Kehidupan

Oleh : BundaSriMin

Di sekitar kita, banyak sekali orang sukes, berhasil, dan terkenal serta menduduki jabatan strategis, namun banyak juga yang sebaliknya.

Ada orang sukses, terkenal dan kaya secara materi, tetapi apa yang mereka miliki hanya untuk dinikmati  sendiri, baru sekedar ditonton atau diperlihatkan pada banyak orang, keberadaannya belum bisa memberi kemanfaatan dan membawa perubahan pada lingkungan, mereka beranggapan kesukesan adalah kesuksesan karena diri sendiri, orang seperti ini ibarat  sebongkah emas yang berkilau, hanya bisa dilihat kekilauannya saja, tetapi belum bisa memberi manfaat pada sekitar.

Banyak orang juga yang hidupnya sederhana, tidak terlalu terkenal apalagi kaya secara materi, namun dalam kehidupannya selalu berusaha memberi kemanfaatan, dan  perubahan kearah kebaikan pada sesama, orang seperti ini ibarat tanah, warnanya hitam dan tidak memancarkan kilauan cahaya, akan tetapi mampu menghidupkan berbagai tanaman untuk diambil manfaatnya pada manusia dan mahluk lain.

Itulah cermin kehidupan,  mau menjadi manusia seperti emas atau tanah, sangat ditentukan oleh kemauan diri kita sendiri.

Sebagai catatan bahwa kebahagiaan akan datang ketika kita mampu memberi manfaat dan kebahagiaan juga pada orang lain.

Bernilai atau tidaknya seseorang tidak hanya dilihat dari luar, kilaunya, atau terkenalnya, tetapi arti atau nilai keberadaannya sangat dibutuhkan dan dirindukan oleh yang lain.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.