operasi katarak gratis

Penyetaraan Bagi Disabilitas

Oleh : dr achmad budi karyono

Dua hari yang lalu, 3 Desember merupakan peringatan Hari Disabilitas Internasional, menggugah semangat kita semua untuk lebih peduli terhadap hak para penyandang disabilitas. Namun bukan berarti para disabilitas harus kita manjakan atau istimewakan, tetapi kita memposisikan sejajar secara proporsional pada mereka sesuai dengan kondisi masing masing. Dan yang paling penting kita semua tidak memandang dengan sebelah mata keberadaan mereka. Karena disabilitas itu memang sesuatu yang tidak pernah diharapkan oleh siapapun akan menimpa dirinya.

Disabilitas bisa didapat sejak lahir ataupun bisa menimpa siapapun setelah merasakan kenikmatan ‘sempurna’ sebelumnya. Bagi disabilitas sejak lahir, pada umumnya mereka sudah ‘terbiasa’ atau sudah adaptasi sejak dini pada semua lini kehidupannya. Sehingga semua aktivitas fisik maupun psikisnya sudah ‘tercetak’ dengan kondisi sesuai disabilitasnya. Mereka terkesan lebih ‘enjoy’ dalam meniti kehidupan kesehariannya.

Berbeda dengan suatu disabilitas yang didapat, misal karena suatu amputasi salah satu anggota gerak. Sebelumnya mereka pernah menikmati kehidupan yang ‘sempurna’, walau pada umumnya kita semua tidak pernah mensyukuri akan ‘kelengkapan’ yang kita miliki. Seseorang baru merasakan betapa ada sesuatu yang sangat  besar nilainya setelah kehilangan, padahal sebelumnya dianggap sesuatu yang ‘biasa’. Pada kondisi seperti ini, perlu latihan fisik ekstra untuk adaptasi terhadap lingkungan dan aktivitas. Begitu juga terkoyaknya psikis yang terkadang sulit menerima realitas yang ada. Oleh karena itu perlu terapi fisik dan terapi psikis sekaligus.

Bersyukurlah selagi kita bisa melakukan apapun, dalam kondisi apapun, tidak terkecuali dalam hal yang dianggap sepele, seperti ketika kita akan melangkah ke suatu tempat, kita menganggap suatu yang biasa. Pernahkah kita memikirkan apakah kita bisa melangkah, apakah kita bisa sampai pada tempat tujuan, dan masih ada beberapa pertanyaan yang seakan sepele, namun sesungguhnya semua itu adalah anugerah besar dari Allah SwT yang jarang atau tidak pernah kita syukuri.

Hari ini mengingatkan kepada kita semua agar lebih peduli terhadap saudara kita penyandang berbagai disabilitas, untuk memposisikan mereka sejajar dengan kita semua. Kita juga harus lebih bersyukur kepada Allah SwT, dalam keadaan apapun kita masih bisa bermafaat bagi sesama dengan berbagai kontribusi layanan yang kita berikan. Semoga kita selalu sehat.