Berbagi Pengalaman Memimpin Dengan Love Quotient

Oleh : Dr. Sri Suryaningsum, SE., M.Si., Ak., CA.*)

supraja1

Pria inspirasi pilihan bulan Januari 2019 ini adalah Dr. Suprajarto, M.M.  Sosok yang menginspirasi dari dunia perbankan Indonesia. Jabatan Dirut Bank Rakyat Indonesia tempat meniti karir di dunia perbankan dengan berbagai prestasi yang sudah diraih menunjukkan betapa pentingnya memimpin dengan sepenuh hati. Sesuai dengan slogan dan nilai-nilai yang dianut oleh BRI. Selalu mengerjakan yang terbaik, ikhlas, tidak pernah berhenti belajarmengasah kemampuan, selalu cepat merespon, dan sangat peduli lingkungan. Inilah pribadi Suprajarto yang di kenal lingkungannya sejak kecil. Lahir di Yogyakarta, 28 Agustus 1956.Bakat kepemimpinannya sudah terlihat sejak kecil, menempuh SD Keputran Negeri VIII Yogyakarta, SMPN 3 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, dan Sarjana Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta, Master Pemasaran dan Doktor Manajemen Bisnis dari Universitas Padjadjaran.

Selalu peduli dengan apa yang dirasakan lingkungannya. Jiwa kepedulian ini mewujudkan perasaan kasih dan kepercayaan  dalam memperlakukan nasabah dan karyawan dengan. Inilah yang membuat nasabah sangat loyal pada BRI yang membawa keberhasilan BRI berdiri kokoh menjadi bank terbesar di Tanah Air yang meraih laba 29,01 Trilyun pada tahun 2017.

Meramu ekosistem digital untuk nasabah milineal dan menjamu nasabah yang masih ada di pedalaman bukan hal yang mudah. Melayani dengan sempurna nasabah dengan dua karakteristik yang berbeda ini sukses dilakukan oleh BRI. Merangkul generasi milineal sebanyak 65% dari jumlah 130.000 pegawai  dan kepercayaan pada karyawan membuahkan hasil yang luar biasa istimewa, membawa BRI menjadi perusahaan pencetak laba terbesar di Indonesia. BRI sendiri selalu membuat target pencapaian yang maksimal. Target tinggi ini mampu dicapai karena karyawan merasakan memiliki energi yang luar biasa yang bisa melompat meraih impian. Hal ini tidak lepas dari Love Quotient yang dimiliki Suprajarto.

Kepemimpinan dengan hati yang penuh kasih sayang yang dikenal dengan Love Quotient merupakan suatu kecerdasan yang mampu menggerakan semua komponen melompat meraih prestasi. Kecerdasan inilah yang menimbulkan rasa hangat, rasa kebersamaan, rasa kasih dan cinta segala sesuatu yang dikerjakan. Kecerdasan ini kelihatannya sederhana, tetapi inilah yang membuat nasabah dan karyawan mengagumi, menghormati, dan juga Suprajarto mudah merajut sambung rasa dengan tulus pada orang lain. Hal ini sama seperti konsep LQ yang diajukan Jack Ma,  bahwa love quotient ini mengukur kapasitas orang untuk mendekati dan bersikap baik kepada orang lain, seolah-olah orang lain itu adalah keluarganya. Jack Ma meyakini bahwa Love Quotient adalah kapasitas manusia yang tertinggi, yang justru merupakan kekuatan manusia untuk menang terhadap mesin tercanggih apa pun.  Inilah kunci keberhasilan BRI mampu mencapai target-targetnya,  walaupun target yang ditetapkan selalu maksimal.

Suprajarto dengan berbagai predikat yang  disandangnya antara lain sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018, Marketeer of The Year tahun 2018 dan The Best Industry Marketing Champion 2018 dalam sektor perbankan komersial oleh MarkPlus memiliki Harapan ke depan yaitu membawa BRI menjadi ‘The Most Valuable Bank in South East Asia’.

Kepedulian yang tinggi yaitu ingin mempemberdayakan UMKM dan BRI turut berkiprah dalam upaya strategis bangsa BRI berkomitmen penuh menyukseskan berbagai program pemerintah yang bertujuan untuk pemerataan ekonomi masyarakat, seperti KUR, penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai, Kewirausahaan Pertanian, BumDes, penyaluran Dana Desa, serta proyek strategis nasional lainnya.Untuk generasi milineal, sesuai arahan Suprajarto menjadikan BRI menerapkan layanan digital sehingga dapat lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah dalam memberikan pelayanan dan mendorong upaya generasi milineal menjadi entrepreneur handal dalam ranah digital business.

Berbagi pengalaman yang luar biasa istimewa dari Suprajarto yaitu memimpin dengan sepenuh hati untuk ikut membangun Indonesia tercinta.

-Salam sehat dan bahagia –

Semoga kita selalu sehat.

 

*) Dosen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Kepala Pusat Penelitian UPNVY.