Lintas Mutiara 257

Kehormatan

Oleh : BundaSriMin

Ada berbagai cara yang digunakan oleh manusia untuk mempertahankan atau mendapatkan kehormatan, diantaranya dengan bertutur kata dan berbusana, hal ini senada dengan pepatah jawa: Ajining diri ono ing lati Ajining rogo ono ing busono.

Tentunya tidak sembarang berbicara yang dapat mendatangkan kehormatan diri, yaitu berbicara dengan tutur kata yang sopan, arif bijaksana, memperhatikan siapa yang diajak bicara, dan kata kata disesuaikan dengan SDM orang yang diajak bicara, serta mengedepankan sikap santun.

Ada pepatah yang mengatakan, mulutmu harimaumu, bahwa apa yang diucapakan oleh manusia akan dapat menghancurkan diri apabila ucapan yang tidak memiliki makna atau arti

Berbusana yang dikenakan baik, sopan, disesuaikan dengan kondisi di mana ia berada, seperti busana pesta tentunya tidak pas dipakai di pantai, dan tidak harus mahal atau sesuai brand, berbusana seperti ini pastilah akan menghadirkan kehormatan.

Berbusana yang bersih rapi dan suci dan tidak berlebihan akan memancarkan kewibawaan bagi pemakainya, dan busana yang dikenakan seseorang sebenarnya mencerminkan kepribadiannya.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.