Lintas Mutiara 273

Masa Lalu

Oleh : BundaSriMin

Semua orang pasti punya kisah masa lalu, baik yang menyenangkan atau menyakitkan, dan terkadang kisah yang sama terjadi pada keturunan kita, padahal kisah bukan termasuk faktor genetika, tetapi dipengaruhi oleh cara pandang.

Seorang ibu bertutur kepada anak putrinya yang baru saja lulus sarjana S1 “Nak, kamu sekarang sudah Sarjana, segera kamu tanya pada temanmu yang sering main ke rumah, kapan kira kira berkeinginan meminangmu, karena usiamu sudah saatnya berumah tangga”.

Sang Putri menjawab, Iya Bunda, dan teman dekatnya benar ditanya, dan jawabnya belum ada keinginan berkeluarga dalam waktu dekat, karena ingin membahagiakan orangtua, itu alasan.

Sang Ibu mengambil kebijakan, ya sudah tinggalkan saja, mungkin itu bukan jodoh terbaikmu.

Akhirnya sang ibu bercarita masa lalunya, bahwa dulu ibu juga meninggalkan teman dekat tanpa memberi kabar dulu, karena begitu ketemu Bapakmu satu bulan berikutnya langsung dinikah.

“Mungkin kisah masa lalu ibu bersama Bapakmu akan terjadi padamu Nak”, kata sang Ibu.

Masa lalu yang sama bisa saja berulang kembali pada orang lain, alangkah indah bila masa lalu diambil pelajaran untuk kebaikan.

Masa lalu yang menyenangkan untuk dikenang dan diceritakan.

Masa lalu yang menyakitkan biarlah disimpan untuk dilupakan, dimaafkan dan hilangkan dendam, karenanya sebagai penghalang rasa bahagia.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.