tidak sama

Lintas Mutiara 255

Tidak Sama

Oleh : BundaSriMin *)

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, kita tidak bisa lepas berinteraksi dan komunikasi dengan dengan orang lain.

Tidak sama sifat, perilaku dan karakter masing masing orang, semua dipengaruhi oleh keilmuan, pengalaman dan kedewasaannya.

Seorang yang memiliki ilmu sebenarnya dapat membantu bagaimana bisa hidup berdampingan saling menghormati dan menghargai.

Bisa juga seseorang yang memiliki ilmu tetapi belum dewasa dalam bersikap, hal ini dapat dilihat pada orang orang yang cenderung bersikap aneh (caper) ingin mendapatkan perhatian atau pengakuan bahwa ia adalah seorang yang dapat bergaul serta menyenangkan, padahal sikap tersebut kuranglah binaksana, justru menunjukkan belum dewasa atau sama dengan tidak menghargai dirinya sendiri serta minimnya pengalaman.

Terkadang seseorang kurang menyadari bahwa sikap atau perilakunya belum dewasa, tetapi merasa sudah memiliki pengalaman hidup bagai orangtua, padahal sudah berusia tidak muda, ini yang biasanya sulit diberi masukan atau pendapat.

Memang tidak sama, sikap seseorang dengan lainnya, dan kita tidak bisa memaksa orang lain agar sama dan menerima pendapat kita, dengan berbeda atau tidak sama, justru itu yang akan saling melengkapi, karena masing masing dilihat dari sisi positifnya.

Berangkat dari hal yang tidak sama diharapkan dapat menyatukan rasa,  membangun hubungan komunikasi dan interaksi yang menyenangkan penuh dengan keadaban atas dasar ridloNya.

Ya Allah, ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

*) DR Sri Minarti Dekan Fak Tarbiyah IAI Suri Bojonegoro