Lintas Mutiara 287

Bisa Jadi

Oleh : BundaSriMin

Banyak orangtua yang berterima kasih pada sekolah/madrasah karena sejak belajar di lembaga tersebut, menjadi semakin baik perangainya, ketika di rumah sudah  tidak memerintah lagi untuk belajar, sholatnya, dan semakin sopan pada orangtua.

Banyak juga orangtua yang mengeluh tentang perilaku anak anak mereka, sulit diarahkan atau diatur, saatnya belajar kadang main hp/lihat TV, berani berkata kasar pada orangtua, terkadang keluar sampai larut malam, lebih dekat dengan teman temannya daripada orangtuanya sendiri.

Bisa jadi dua peristiwa yang berbeda disebabkan oleh orangtuanya, bahwa anak adalah fotokopi dari orangtua, ia akan bersikap dan berperilaku sebagaimana orangtua berperilaku pada dirinya.

Anak akan menjadi mengerti dan berperilaku terpuji apabila mendapatkan contohnya, baik ketika di rumah maupun di sekolah/madrasah, kasih sayang yang tulus, perhatian dan doa yang akan membuka hati serta pikiran anak untuk berperilaku baik sebagaimana orang orang yang menyayangi bersikap padanya.

Tidak ada anak yang terlahir berperilaku tidak baik, orangtua atau pendidiklah yang sangat berperan mengembangkan potensi yang dibawa anak, pada akhirnya menjadi baik atau sebaliknya

Bisa jadi perilaku anak yang kurang terpuji itu disebabkan oleh orangtua/pendidik yang tidak memperhatikan kebutuhan mereka akan cinta kasih dan ketulusan, banyak yang berpikir dengan memberi materi sudah cukup, padahal itu belum.

Sesungguhnya semua manusia sangat membutuhkan ketulusan perhatian, cinta dan kasih sayang yang akan menghantarkan pada kedamaian dan ketentraman batinnya.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.