Lintas Mutiara 289

Kemauan

Oleh : BundaSriMin

Kemauan dapat diartikan kehendak yang ada dari dalam diri, dimiliki oleh manusia untuk mencapai tujuan dengan pertimbangan akal, pengetahuan, dan suara hati serta kepribadiannya.

Kemauan dan keinginan tidaklah sama, karena kemauan hanya dimiliki oleh manusia terkait upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan, tetapi memiliki hubungan yang erat, bisa jadi adanya kemauan tetapi tidak memiliki keinginan, demikian juga sebaliknya.

Kemauan seseorang bisa timbul karena motiv atau dorongan, tumbuhnya dorongan karena memiliki tujuan, dan dengan kemauan kuat dapat meminimalkan kemalasan.

Sebagai contoh adanya kemauan kuat untuk hidup berkecukupan, sehat, dan bahagia, menjadikan orang melakukan ikhtiar dengan berbagai cara untuk mewujudkannya.

Oleh karena itu, pendidikan awal yang ditanamkan pada manusia adalah pengenalan dan pemahaman akan tujuan hidup di dunia dan setelahnya, menumbuhkan kemauan atau kehendak yang kuat dari dalam diri, untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

Bahwa tujuan hidup manusia di dunia untuk beribadah kepadaNya, sehingga segala aktivitas dan kegiatan selalu disandarkan atas ketentuan atau aturanNya.

Kemauan yang kuat dari dalam diri harus dimiliki oleh setiap manusia, untuk melakukan suatu kebaikan dan kemanfaatan, agar dapat menjalani hidup penuh keberkahan.

Sudahkah kita memiliki kemauan kuat untuk menjadi manusia terbaik sesuai profesi yang  dijalani?

Yang bisa menjawab adalah diri kita masing masing.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga selalu sehat.